Breaking News:

Berita Banjarmasin

Meski Libur Lebaran Pelayanan Donor Darah di UDD PMI Banjarmasin Tetap 24 Jam

Meskipun salam suasana libur lebaran Idul Fitri 1442 H, Unit Donor Darah (UDD) PMI Banjarmasin tetap beri layanan 24 jam

Banjarmasin Post/Frans Rumbon
Ketua UDD PMI Banjarmasin Aulia Ramadhan Supit 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meskipun sedang dalam suasana libur lebaran Idul Fitri 1442 H, Unit Donor Darah (UDD) PMI Banjarmasin memastikan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pasalnya UDD PMI Banjarmasin tetap memberikan pelayanan khususnya terkait dengan aktivitas donor darah dan sebagainya.

"Sama seperti di rumah sakit, kita memberikan pelayanan seperti biasa yaitu 24 jam setiap harinya selama libur lebaran," ujar Ketua UDD PMI Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit kepada banjarmasinpost.co.id.

Pria yang akrab disapa dokter Rama ini menerangkan pelayanan donor darah harus tetap berjalan, demi memenuhi kebutuhan permintaan akan kantong darah.

Baca juga: Rumah Terbakar di Sungai Miai Banjarmasin, Asap Hitam Muncul dari Lantai Dua

Baca juga: Satgas Covid-19 Masjid Jami Banjarmasin Pantau Jemaah Salat Idul Fitri, Anggotanya Pemuda Masjid

Baca juga: News Video: Jalan Nasional di Desa Setarap Satui Diterjang Banjir, Banyak Sepeda Motor Dievakuasi

"Karena orang butuh darah, bahkan dalam sehari minimal kita menyiapkan 50 kantong untuk mencukupi kebutuhan permintaan dari pasien-pasien," jelasnya.

Untuk itu pula, dokter Rama pun berharap meskipun masih dalam suasana libur lebaran namun masyarakat tetap bisa melakukan donor darah.

"Mudah-mudahan masih ada masyarakat yang mau berdonor darah saat lebaran ini, apalagi kebutuhan darah sangat tinggi," jelasnya.

Tak kalah penting juga lanjutnya, pihaknya pun saat ini sedang kesulitan mendapatkan stok untuk plasma konvalesen yang dipergunakan untuk terapi penyembuhan pasien Covid-19.

"Antrian permintaan untuk plasma konvalesen ini sekitar 24 pasien di beberapa rumah sakit di Kalsel hingga Kalteng. Mudah-mudahan juga ada yang mau menjadi pendonor plasma konvalesen ini," jelasnya.

Selain di kantor UDD PMI Banjarmasin, pelayanan donor darah juga diberikan melalui mobil keliling yang biasanya mengambil tempat di dekat Masjid Sabilal Muhtadin.

Dan terkait pelayanan donor darah keliling ini, dokter Rama pun menerangkan beberapa hari ini diliburkan.

"Untuk yang layanan keliling libur sekitar tiga hari, dan mulai Sabtu sudah kembali normal lagi," pungkasnya. (*)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Dwi Sudarlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved