Breaking News:

Banjir di Kalsel

Banjir Kalsel, Warga Desa Sungai Danau Kabupaten Tanbu Paling Banyak Terdampak

Korban terdampak banjir akibat luapan air Sungai Danau di Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanbu, sebanyak 3.891 KK atau 13.433 jiwa.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono
KADES SUNGAI DANAU UNTUK BPOST GROUP
Banjir yang merendam rumah warga di Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (14/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak dapat banyak bersuka cita di momen Idul Fitri 1442 Hijriah, ribuan masyarakat Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel) justru dihampiri bencana banjir.

Tak sedikit dari mereka yang harus mengungsi akibat banjir yang terjadi karena meluapnya Sungai Satui sejak Kamis (13/5/2021) yang notabene bertepatan dengan hari H Idul Fitri 1442 Hijriah.

Meski hingga so, Jumat (14/5/2021) sore tak turun hujan yang berpotensi memperparah banjir di kawasan tersebut, namun jumlah warga yang menjadi korban terdampak banjir tercatat terus bertambah.

"Tidak ada hujan sampai Jumat sore," kata Kepala BPBD Tanahbumbu, Eryanto Rais, dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Jumat (14/5/2021) sore.

Baca juga: Banjir di Kalsel, Ribuan Warga Desa Sungai Danau Terdampak, Kades: Kami Perlu Makanan dan Selimut

Baca juga: Banjir di Kalsel, Update Hari Kedua Luapan Sungai Satui, 219 Balita dan 136 Lansia Terdampak Banjir

Meski demikian, dari data sementara Sekretariat Posko Tanggap Darurat Siaga Bencana Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021, diterima Banjarmasinpost.co.id.

Rinciannya, jumlah korban terdampak banjir sudah mencapai 3.891 Kepala Keluarga (KK) atau 13.433 jiwa.

Korban terdampak banjir yang sementara tercatat paling banyak berada di Desa Sungai Danau sebanyak 1992 KK atau 6.707 jiwa pada 19 RT.

Selanjutnya dari Desa Sinar Bulan 1.104 KK atau 4.413 jiwa di 9 RT, lalu Desa Sejahtera Mulia 293 KK atau 655 jiwa di 9 RT, Desa Satui Timur 220 KK atau 763 jiwa di 5 RT, Desa Jombang 162 KK atau 515 jiwa di 7 RT dan di desa Satui Barat sebanyak 120 KK atau 380 jiwa di 2 RT di desa tersebut. 

Baca juga: Banjir di Kalsel, Rutin Kebanjiran, 140 Kepala Keluarga Desa Sinar Bulan Satui Bakal Direlokasi

Baca juga: VIDEO Banjir Rendam Jalan Nasional di Desa Setarap Satui Tanahbumbu Kalsel

Sebelumnya, Eryanto juga sempat menyampaikan bahwa upaya evakuasi warga yang masih terkepung banjir terutama lansia, wanita hamil dan anak-anak dilakukan menggunakan sejumlah unit perahu karet. 

Selain itu, dioperasionalkan pula sejumlah titik pengungsian dan dapur umum di sejumlah titik di dataran lebih tinggi di desa-desa di Kecamatan Satui

Upaya pendistribusian bantuan berupa bahan pokok makanan dan perlengkapan lainnya seperti alas tidur dan selimut juga terus diupayakan.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved