Breaking News:

Berita Tala

Kebakaran Kalsel, Api Membara di Kintaplama Tanahlaut, Empat KK Kehilangan Tempat Berteduh

Kebakaran Kalsel, Kebahagiaan menyambut hari kemenangan pada Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah tahun ini (2021) menjadi ujian berat bagi sebagian warg

Penulis: Idda Royani | Editor: Edi Nugroho
Tony
Kebakaran Kalsel, Api berkobar di Desa Kintaplama, Jumat (14/5/21) sore. Foto_ screenshoot video akun FB Rian Rian. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kebakaran Kalsel, Kebahagiaan menyambut hari kemenangan pada Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah tahun ini (2021) menjadi ujian berat bagi sebagian warga di Kalimantan Selatan (Kalsel). Termasuk bagi beberapa warga Kabupaten Tanahlaut (Tala).

Pasalnya, bertepatan dengan momen lebaran, musibah mendera. Di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanahbumbu dan Kecamatan Hantakan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diterjang banjir besar pada hari pertama lebaran.

Sementara itu di Tala, si jago merah mengamuk pada hari kedua lebaran, Jumat sore kemarin. Tepatnya di kawasan Jalan Pusaka RT 01 RW 02 Desa Kintaplama, Kecamatan Kintap.

Informasi dihimpun banjarmasinpost.co.id, Sabtu (16/5/2021) dari pemerintah desa setempat, akibat kebakaran itu tiga unit rumah luluh lantak. Penghuninya pun kehilangan tempat berteduh dan mesti numpang di rumah keluarga.

Baca juga: Kebakaran Kaltim: Diduga dari Kompor, Empat Rumah di Samarinda Ludes Terbakar

Baca juga: Kebakaran di Semarang, Gudang Spiritus Dilalap Api, 1 Mobil dan Motor Hangus

Baca juga: Kebakaran di Kuin Selatan Banjarmasin, Ini Barang yang Hangus Dilalap Api

Warga yang kehilangan tempat tinggal tersebut yakni Imbran (1 kepala keluarga/KK), Upi (2 KK), dan Fahrul (1 KK). Kerusakan akibat kebakatan mencapai 100 persen.

Kebakaran Kalsel, Beginilah kondisi rumah yang terbakar dilumat di jago merah di Desa Kintaplama, Jumat (14/5/2021) sore.
Kebakaran Kalsel, Beginilah kondisi rumah yang terbakar dilumat di jago merah di Desa Kintaplama, Jumat (14/5/2021) sore. (Tony)

Selain itu, ada tiga unit rumah lainnya yang juga turut terpapar jilatan si jago merah meski hanya mengalami kerusakan ringan yakni rumah Sahrul, Nadi, dan Ardisyah/Anang Irang (2 KK).

"Musibah kebakarannya terjadi pukul 16.40 Wita," papar Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Paming Praja dan Pemadam Kebakaran Tala Tony Permana.

Begitu mendapat laporan, paparnya, pihaknya lamgsung melakukan pengerahan unit damkar meliputi satu unit mobil Damkar Sektor Kintap dan satu unit mobil Damkar Sektor Jorong,

Pengerahan anggota meliputi lima orang anggota Damkar Sektor Kintap dan enam orang anggota Damkar Sektor Jorong.

Lalu, di-back up dua orang anggota BPBD Tala, anggota Polsek Kintap, anggota Koramil Kintap, relawan Sektor Kintap dan Jorong serta dibantu masyarakat sekitar.

Api berkobar cukup cepat, apalagi material rumah yang terbakar dalam keadaan cukup kering dan sebagian besar berkonstruksi kayu.

"Pukul 18.10 Wita api berhasil kami padamkan," sebut Tony.

Mengenai ihwal munculnya api, pejabat eselon III Tala ini mengatakan dugaan sementara akibat korsleting listrik di salah satu rumah warga. Api lalu menjalar ke rumah di sekitarnya.

"Saat kejadian, rumah itu dalam keadan kosong. Penghuninya sedang keluar, tapi masih di desa setempat," jelas Tony. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved