Breaking News:

Berita Tabalong

Petugas Sidak Tempat Wisata di Jaro Kabupaten Tabalong, Pastikan Tak Ada yang Buka

Petugas pastikan tempat wisata tutup untuk cegah kasus Covid-19 di Air Terjun Lano, Dam Nalui, Gua Liang Tapah di Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Petugas gabungan saat berada di tempat wisata Air Terjun Lano di Desa Lano, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (16/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kebijakan melakukan penutupan sementara  tempat wisata untuk mencegah potensi penularan Covid-19 dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabalong selama masa Idul Fitri 1442 H.

Memastikan ketaatan dari pengelola, tim gabungan terdiri dari Satpol PP, Dinkes, Subdenpom, Camat Jaro, Polsek Jaro dan Koramil Muara Uya Jaro melakukan sidak, Minggu (16/5/2021).

Petugas mendatangi tiga lokasi di Kecamatan Jaro yang terkenal, yaitu Wisata Air Terjun Lano di Desa Lano, aliran sungai Wisata Dam Nalui Kabupaten Tabalong di Desa Nalui dan Gua Liang Tapah Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, untuk mendatangi Air Terjun Lano dan Gua Liang Tapah, nampak sudah terpampang tulisan pemberitahuan kalau objek wisata sedang ditutup.

Baca juga: Terungkap dalam Razia Prokes, 2 Kafe di Murung Pudak Tabalong Ternyata Belum Miliki TUDP

Baca juga: Cegah Kerumunan, Tempat Wisata Kinarum Indah dan Rumah Pohon Upau Tabalong Ditutup Sementara

Kemudian saat dimasuki ke dalam area tempat wisata, suasananya sangat lengang. Tidak ada pengunjung dan juga tak warung-warung yang buka.

Hanya saja ketika di Dam Nalui ada ditemukan beberapa warga yang ternyata satu keluarga.

Petugas pun langsung memberikan arahan kepada mereka agar mematuhi aturan dan segera membubarkan diri.

Camat Jaro, Suwandi, mengatakan, saat ini semua tempat wisata yang ada memang telah ditutup sementara untuk mencegah potensi kerumunan yang dapat menyebabkan tertular Covid-19.

Baca juga: VIDEO Petugas Kabupaten Tabalong Operasi Yustisi, Masih Ada Saja yang Langgar Ketentuan

Baca juga: VIDEO Smote Ireng Kabupaten Tabalong dan SKB Group Salurkan Sembako ke Masyarakat

"Ini sesuai hasil rakor dengan Bupati dan kami juga menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat edaran kepada semua pengelola tempat wisata  yang ada di Kecamatan Jaro untuk lakukan penutupan sementara," katanya.

Kemudian untuk memastikan ketaataan pengelola, imbuh Suwandi, pihaknya bersama petugas gabungan melakukan monitoring dengan mendatangi lokasi wisata.

"Hasilny, penutupan sementara ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh pengelola tempat wisata," katanya.

Camat Upau Tabalong Rofiq Azidin memastikan tempat wisata Kinarum Indah sudah ditutup, Kamis (13/5/2021)
Camat Upau Kabupaten Tabalong, Rofiq Azidin, memastikan tempat wisata Kinarum Indah sudah ditutup, Kamis (13/5/2021) (Banjarmasin post/Doni Usman)

Sementara itu, secara bersamaan, kegiatan yang sama juga dilakukan petugas gabungan lainnya di tempat wisata yang ada di wilayah Kecamatan Banua Lawas, dengan menyambangi Taman Sapana dan Taman Bunga Poska.

Dari monitoring di wilayah Banua Lawas ini kedua tempat wisata tersebut juga mematuhi kebijakan yang ada.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved