Breaking News:

Banjir di Kalsel

Update Banjir Kalsel di Satui Tanbu, Ketinggian Air Mulai Turun, Rumah Penduduk Masih Terendam

Memasuki hari keempat, banjir di Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu sudah alami penurunan. Namun, sebagian rumah penduduk masih terendam

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Erwin untuk BPost
Situasi di salah satu tituk Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui Kabupaten Tanbu, Minggu (16/5/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Hari keempat banjir Kalsel di kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu, sudah alami penurunan.

Kendati alami penurunan, rumah-rumah warga masih banyak terendam air karena banjir masih belum sepenuhnya surut. Permukaan air masih tinggi sehingga banyak rumah masih belum bisa ditempati.

Dari banjir di hari pertama lebaran itu, ada yang hampir 3 meter terkhusus di wilayah bantaran sungai. Sementara di pemukiman padat penduduk bervariasi yakni satu hingga 2 meter atau lebih.

Terpantau pada Sabtu (16/5/2021), air terus alami penurunan. Namun rumah-rumah warga masih terendam banjir dan adapula yang sudah mulai bersih-bersih rumah walau masih belum bisa ditempati.

Baca juga: Banjir Kalsel, Bantu Koban Banjir di Satui Tanbu, Relawan di Banjarbaru Turunkan Dokter Jantung

Baca juga: Banjir Kalsel, Habruddin Tewas Diduga Jatuh dan Terendam Air di Rumahnya di Satui Tanbu

Baca juga: VIDEO Banjir Kalsel di Kabupaten Tanbu, Begini Kondisi Terkini Banjir di Desa Sinar Bulan Satui

Kepala Desa Sinar Bilan, Erwin, mengatakan untuk ketinggian air sudah alami penurunan dari 140 cm di hari kemarin, kini tinggal 70 cm. Sementara di area pinggir sungai masih ada yang tinggi karena tepat dibibir sungai.

"Alhamdulillah, sudah alami penurunan. Tapi cuaca kurang mendukung dan hujan turun, hari ini," katanya.

Sementara untuk pengungsian yang ada di SMPN 4 Satui, ada sebanyak 58 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa sebanyak 186 jiwa.

" Semoga terus alami penurunan," sebutnya.

Baca juga: Banjir Kalsel, Sebanyak 13 Ribu Jiwa Korban Banjir Satui Tanahbumbu Mengungsi

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Danau, Sya'bani Rasul, juga mengatakan ada penurunan tinggi muka air. Namun cuaca sangat tidak mendukung karena hujan kembali turun lagi yang membuatnya kawatir.

"Sekarang tersisa kurang lebih ketinggian airnya 80 cm. Tapi sekarang malah hujan, semoga tidak naik lagi airnya," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved