Breaking News:

Wisata Alam Pulau Mas HST

Wisata Kalsel, Sempat Ramai Pengunjung di Pulau Mas Kabupaten HST Sebelum Pandemi

Wisata Alam Pulau Mas di Desa Baru Waki, Kabupaten HST, Kalsel, dibuka 2018 dan ramai pengunjung hingga kemudian turun drastis sejak pandemi Covid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Salah satu titik lokasi wisata alam di Pulau Mas, Desa Baru Waki, Kecamatan Batubenawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (16/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Wisata Alam Pulau Mas di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, sempat viral saat dibuka pada Idul Fitri 1439 H atau pada 2018.

Tak hanya hari libur, pada hari biasapun sebelum pandemi Covid-19, tempat wisata di Desa Baru Waki, Kecamatan Batubenawa, Kabupaten HST, tersebut ramai dikunjungi.

Menurut pemilik objek wisata Wisata Alam Pulau Mas HST ini, H Aidi, pada hari biasa jumlah pengunjung berkisar 500 sampai 1.000 orang. Sedangkan pada libur Idul Fitri dan Idul Adha, mencapai 5.000 orang per hari.

Ide membangun objek wisata, kata Aidi, selain potensi sungai di sekitar lahan miliknya itu yang sering dijadikan tempat bersantai dan mandi warga, juga karena tebing sungai yang cukup luas.

Baca juga: Wisata Kalsel, Tiket Masuk Hanya Rp 5.000 Per Orang di Pulau Mas Kabupaten HST

Baca juga: Wisata Kalsel, Pengunjung Bisa Naik Rakit di Wisata Alam Pulau Mas Kabupaten HST

Lalu, Aidi bekerja sama dengan warga setempat dan kemudian membangun fasilitas WC, kamar ganti pakaian, gazebo, lapak hingga spot foto dan taman bunga di pinggir sungai.

“Pertama dibuka, Alhamdulillah, mendapat sambutan antusias masyarakat tak hanya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, tapi juga Banua Enam, Kota Banjarmasin, Kabupaten Batola (Barito Kuala) hingga Kalteng,” sebut Aidi.

Sayangnya, pada Maret 2020 terjadi pandemi Covid-19, hingga pemerintah melarang objek wisata buka.

Baru saat new normal kembali operasional dengan penerapan protokol kesehatan, baik kepada pengujung maupun pengelola wisata.

Baca juga: Berwisata di Pulau Mas HST Kalsel, Nikmati Mandi Air Pegunungan Meratus di Aliran Sungai Benawa

Baca juga: Wisata Alam Pulau Mas HST Kalsel, Asyik untuk Ngadem di Tepi Sungai Benawa

Namun pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau Lebaran 2021 ini, di saat para pengelola wisata di Kabupten HST mulai bangkit dan menyiapkan pelayanan peningkatan pengujung, keluar surat edaran yang melarang objek wisata buka.

“Kami terpaksa buka karena pasca banjir kondisi ekonomi masyarakat di desa terpuruk. Meski dengan jumlah pengunjung dibatasi, kami juga tetap taati pengawasan protokol kesehatan dan pencegahan kerumunannya,” kata Aidi.

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved