Breaking News:

KalselPedia

KalselPedia - Sejarah STIA Bina Banua Banjarmasin Berawal dari SMEA Bina Banua

Yayasan Pendidikan Bina Banua Banjarmasin semula dirikan SMEA. Diubah jadi Institut Ilmu Administrasi dan Manajemen, diubah lagi jadi STIA Bina Banua

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Awal mula lembaga pendidikan ini didului dengan mendirikan SMEA Bina  Banua oleh Yayasan pada tahun 1979 yang kini sudah mencapai status Akreditasi. 

Kemudian dengan bekal pengalaman ini, Yayasan Pendidikan Bina Banua pada tanggal 7 Agustus 1982 mendirikan Institut Ilmu Administrasi dan Manajemen (IIA) Bina Banua Banjarmasin.

Institut Ilmu Administsrasi (IIA) Bina Banua Banjarmasin ini diresmikan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi Kalimantan Selatan Ir H M Said pada tanggal 9 Agustus 1982 dan operasional pada tahun akademis 1982. 

Kemudian dalam rangka penataan perguruan tinggi swasta yang sejenis di Banjarmasin, oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII Surabaya mulai tahun akademis 1984/1985 Institut Ilmu Administrasi dan Manajemen Bina Banua Banjarmasin diarahkan untuk mengubah bentuk organisasi dari Institut menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua Berdasarkan SK Mendikbud No. 0457/01987 Tanggal 1 Agustus 1987.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Jelang Idulfitri, Penjaga Toko di Banjarmasin Kedapatan Simpan 7 Ons Sabu di Rumah

Baca juga: Sidak Hari Pertama Kerja ASN Pemprov Kalsel, BKD Sebut Memuaskan

Baca juga: Meninggal di Tempat Kerja, Tukang Servis Pasar Kasbah Banjarmasin Ini Tak Ada Riwayat Penyakit

Baca juga: Terjaring di Posko Penyekatan di Kalsel, 12.142 Kendaraan Bermotor Diminta Putar Balik

Program Pascasarjana Ilmu Administrasi STIA Bina Banua Banjarmasin merupakan hasil program pengembangan dan peningkatan jenjang pendidikan yang diselenggarakan oleh STIA Bina Banua Banjarmasin yang telah menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana (S1). 

Program Pascasarjana Ilmu Administrasi STIA Bina Banua Banjarmasin diselenggarakan setelah mendapatkan Izin Operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan Surat Izin Nomor:  693/D/T/2004 tanggal 18 Pebruari 2004.

Izin Perpanjangan Nomor :1045/D/T/2006, tanggal 27 Maret 2006. Program Pascasarjana STIA Bina Banua Banjarmasin mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Nomor : 420/42/Kesra/2002 dan Dukungan Kopertis Wilayah XI Kalimantan Nomor : 775/O11.A/KL/2002 tanggal 12 Nopember 2002.

Di tahun 2004 tersebut program pascasarjana dengan konsentrasi Ilmu Administrasi yang pada saat itu  perguruan tinggi  satu-satunya dan pertama di Banjarmasin  yang menyelenggarakan  program pasca bidang Ilmu Admisnitrasi (ilmu administrasi publik).

(Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved