Breaking News:

Tajuk

Lemahnya Sistem yang Diakui

Menteri BUMN mengakui adanya kelemahan secara sistem yang membuat kasus antigen bekas dapat terjadi

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - LANGKAH tegas dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mencuatnya kasus antigen bekas di Bandara Kualanamu, beberapa waktu laku rupanya berdampak pada pemecatan seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika (KFD). Surat pemecatan seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika itu dikeluarkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam rilisnya, Erick menegaskan seluruh BUMN terikat pada kesepakatan bersama untuk bertindak profesional sesuai dengan core value yang dicanangkan, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (AKHLAK).

Dari sekian kata dan kalimat yang ada dirilis Kementerian BUMN itu, ada satu kalimat yang menarik. Yakni, Menteri BUMN mengakui adanya kelemahan secara sistem yang membuat kasus antigen bekas dapat terjadi. Dan hal ini berdampak luas bagi kepercayaan masyarakat.

Ya, sistem yang lemah di Indonesia ibarat benang kusut yang harus diurai. Lemahnya sistem ini disinyalir terjadi pada sistem birokrasi mulai tingkat bawah, menengah sampai atas. Mengusung visi good governance tentunya ini menjadi tugas pemerintahan Presiden Jokowi untuk mengurai spot-spot sistem yang dinilai lemah ini.

Apa yang dilakukan Menteri BUMN ini adalah bagian dari upaya untuk mengembalikan kepercayaan dari masyarakat terhadap lemahnya sistem yang tentunya berdampak pada kehidupan keseharian. Pastinya hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk melayani, melindungi, dan bekerja untuk kepentingan masyarakat.

Aksi turun langsung yang dilakukan Menteri BUMN ini juga jangan hanya dilakukan saat ini saja. Tapi langkah terukur juga dilakukan ke sejumlah BUMN yang ada secara kontinyu. Jika memang ditemukan BUMN yang sudah tak sejalan dengan core value AKHLAK tersebut, maka tindakan tegas seperti pemecatan jangan ragu untuk diambil. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved