Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Banjir Kalsel, Kadinkes Tanbu Sebut Penyebab Satu Korban Banjir Meninggal Karena Hypotermia

Banjir Kalsel, Peristiwa babjir yang melanda di 6 desa Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu, ada satu korban banjir yang meninggal dunia.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
Kades Erwin
Banjir Kalsel, Warga enam desa Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu yang sedang lakukan aksi bersih-bersih. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Banjir Kalsel, Peristiwa babjir yang melanda di 6 desa Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu, ada satu korban banjir yang meninggal dunia.

Korban banjir itu adalah Habruddin Nor (70), warga Desa Sinar Bulan RT 03 Nomor 23, ditemukan meninggal dunia dikediamannya, Minggu (16/5/2021) kemarin.

Terkait penyebab kematiannya, dari hasil visum usai ditemukannya terbaring dilantai dalam kamarnya diakibatkan karena Hypotermia.

Kepala Dinas Kesehatan Tanbu, H Setia Budi, Selasa (18/5/2021) mengatakan, berdasarkan hasil visum Puskesmas Satui, meninggalnya Habruddin saat terjadinya banjir karena penyebab alami.

Baca juga: Salurkan LPG ke Lokasi Terdampak Banjir, Pertamina Salurkan 2.240 Tabung ke Pangkalan Satui

Baca juga: Banjir Kalsel di Satui Tanahbumbu Surut, Kades Sinar Bulan Tutup Dapur Umum

Baca juga: Jadi Langganan Banjir, Warga Sinar Bulan Tanbu Akan Direlokasi, 50 KK Sudah Setuju

Hasil visum tidak menunjukan adanya memar maupun pembengkakan pada tubuh korban saat ditemukan meninggal dunia.

"Penyebab alami, karena Hypotermia (kedinginan)," ujar Budi, mengutip keterangan Dokter Puskesmas Satui.

Hal ini sekaligus menepis dugaan korban meninggal akibat kelaparan. Padahal, selalu dikontrol.

Berdasarkan data yang dihimpun, walaupun korban tinggal sendiri, keluarga korban tetap rutin mengantar makanan ke rumahnya. Serta selama banjir, selalu diberikan makanan kepada korban di rumahnya, dan terakhir saat pagi mau fiantarkan sarapan dan teh.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tanahbumbu, Ardiansyah, memgatakan kondisi terkini banjir di 6 desa di kecamatan Satui sudah normal, sejak Senin (17/5/2021) pagi. Yakni Desa Jombang, Satui Barat, Sejahtera Mulia, Satui Timur, Sinar Bulan dan Sungai Danau rendaman air sudah tak terlihat lagi. Luapan sungai Satui yang merendam sejak Kamis (13/5/2021), menyurut dan normal seperti sedia kala begitu juga kondisi sungai.

"Banjir sudah mereda, dan masyarakat kembali melakukan aktifitas normal seperti biasanya. Memang sebagian ada warga yang melakukan pembersihan di rumahnya masing-masing bekas banjir," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved