Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Besok MK Gelar Sidang Sengketa Pilkada Banjarmasin 2020, Ini Tanggapan Tim Hukum AnandaMu

Sidang sengketa Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 setelah dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) mulai bergulir besok di MK

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Warga di Kelurahan Basirih Selatan, Kota Banjarmasin, menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan wali (pilwali) Kota Banjarmasin 2020, Rabu 28/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidang sengketa Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 setelah dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) mulai bergulir besok Rabu (19/5/2021).

Sekadar diketahui, pasangan calon (paslon) Hj Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu) kembali mengajukkan gugatan terkait hasil Pilkada Banjarmasin 2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Meskipun saat PSU yang dilaksanakan  di tiga kelurahan yakni Mantuil, Murung Raya dan juga Basirih Selatan pada Rabu (28/4/2021) tersebut, AnandaMu mampu meraup kemenangan.

Namun kemenangan di tiga kelurahan PSU, secara umum atau digabungkan dengan seluruh kelurahan maka paslon AnandaMu kalah dari segi perolehan suara dengan paslon petahana yakni H Ibnu Sina-Arifin Noor.

Baca juga: Gugatan AnandaMu atas PSU Pilwali Banjarmasin Akan Disidangkan di Mahkamah Konstitusi

Baca juga: Gugatan AnandaMu Diregister MK RI, KPU Tunda Penetapan Ibnu Sina-Arifin Noor Sebagai Calon Terpilih

Menilai kembali terjadi kecurangan-kecurangan, tim hukum dari paslon AnandaMu pun kembali mengajukkan gugatan ke MK RI dan yang menjadi termohon adalah KPU Banjarmasin.

Setelah diregister oleh MK RI, selanjutnya gugatan dengan nomor perkara 144/PHP.KOT-XIX/2021 pun dijadwalkan akan disidangkan pada Rabu (19/5/2021).

Berdasarkan data yang ada di laman resmi MK RI, sidang acara pemeriksaan pendahuluan tersebut akan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB di lantai 2 Gedung MKRI 1.

Dikonfirmasi terkait dengan sidang tersebut, tim hukum AnandaMu pun rupanya sudah melakukan berbagai persiapannya.

"Intinya tim (tim hukum, red) yang di Banjarmasin selalu berkoordinasi dengan tim yang di Jakarta melalui zoom ataupun group WA tim hukum AnandaMu," ujar salah seorang tim hukum AnandaMu, Rizky Hidayat kepada banjarmasinpost.co.id.

Terlepas dari itu, Rizky Hidayat menambahkan bahwa tim hukum AnandaMu pun akan kembali dikawal oleh pengacara senior yakni Dr Bambang Widjojanto dalam menjalani proses persidangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved