Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Banjir Kalsel, Camat Satui dan Teluk Kepayang Tanahbumbu Akui Debit Air Sungai Naik

anjir Kalsel,  Rabu (19/5/2021), kondisi air pasang mengakibatkan debit air sungai Satui Kabupaten Tanahbumbu, kembali alami kenaikan meski tidak sign

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
capture vidio
Banjir Kalsel, Jalan Tapilus arah ke Mangkalapi Kabupaten Tanahbumbu terendam air 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Banjir Kalsel,  Rabu (19/5/2021), kondisi air pasang mengakibatkan debit air sungai Satui Kabupaten Tanahbumbu, kembali alami kenaikan meski tidak signifikan.

Tak heran bila Desa Sungai Danau yang berada di sekitar bantaran sungai Satui, sempat membuat air masuk ke rumah-rumah warga lagi.

Padahal, baru dua hari belakangan, warga kembali dari pengungsian. Namun, hari ini justru alami kenaikan debit air lagi akibat air laut pasang.

Kepala BPBD Tanbu, Eryanto Rais, saat dihubungi banjarmasinpost.co.id ,mengatakan masih batas normal. Airnya sungai Satui masih stabil.

Baca juga: Banjir Kalsel, Kepala Desa Sinar Bulan Bersyukur Tak Ada Rumah Warga yang Terendam

Baca juga: Banjir Kalsel, Rumah Warga di Sungai Danau Kabupaten Tanbu Terendam Lagi

Baca juga: Banjir Kalsel, Peduli Korban Banjir di Tanbu, Batola Kirim Bantuan Logistik

Baca juga: Banjir Kalsel, Korban Banjir di Satui Tanbu Perlukan Perlengkapan Balita dan Manula

" Masih aman saja, persisnya bisa konfirmasi ke Camat Satui," singkat Eryanto melalui pesan WhatsAppnya.

Terpisah, Camat Satui Tanbu, Abdul Rahim, saat dihubungi tak membantah debit air sungai alami kenaikan. Penyebabnya karena terjadi top air pasang.

" Iya ada kenaikan debit air, ini yang membuat kami kawatir. Tapi penyebabnya karena air laut pasang ditambah hujan kemarin hingga pukul 02.00 wita diniahari, makanya ada sedikit kenaikan," katanya kepada banjarmasinpost.co.id.

Kendati demikian, saat ini timnya masih berjaga memantau sungai. Sebab, malam ini diperkirakan kembali air laut pasang lagi.

" Kalau kemarin yang pas banjir itu, air pasang laut sampai 3 meter. Nah mudahan ini aman saja, sehingga bisa bisa lebih aman. Kita berdoa saja," katanya.

Padahal, lanjut Rahim, malam ini rencananya membongkar bantuan kiriman dari Batola untuk disalurkan ke rumah rumah warga, tapi melihat keadaan sekarang, maka harus berjaga.

" Semoga puncak pasang air laut ini tidak terjadi hujan," harapnya.

Sementara itu, diwilayah Kecamataan Teluk Kepayang, air sungai sempat meluap ke jalan. Sehingga menyulitkan pengendara untuk melintas.

" Iya Jalan dari Tapus ke Mangkalapi sempat terendam. Sementara di desa lain masih aman saja, tidak ada air yang masuk ke perumahan warga," tambah Camat Teluk Kepayang, Joni. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved