Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Mudik Lebaran 2021 Ditiadakan, Layanan Seluler Dua Operator Besar di Indonesia Ini Meningkat Pesat

Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1422 H penggunaan telekomunikasi selular meningkat pesat.

Telkomsel untuk BPost
Layanan Telkomsel selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2021 meningkat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1422 H penggunaan telekomunikasi selular meningkat pesat. Setidaknya parameter itu bisa terlihat dari kenaikan layanan data dua operator selular besar yang mengalami kenaikan. 

Sebagaimana Telkomsel Pamasuka mencatat adanya peningkatan trafik layanan broadband pada periode Ramadan dan Idulfitri 1442 H sebesar 44% dibandingkan momen tahun sebelumnya.

Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Pamusuka A Moelky Furqan mengatakan, pihaknya memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk membuka Pintu Kebaikan.

Yakni dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel Suntik Gojek Lebih Rp 4 Triliun, Perkuat Kolaborasi Telkomsel-Gojek

Baca juga: Telkomsel Pastikan Kualitas Jaringan Saat Ramadan dan Idulfitri 1442 H

Baca juga: Momen Lebaran Tanpa Mudik Dongkrak Trafik Data XL Hingga 35 Persen, Didominasi Layanan Streaming

Berdasarkan pantauan Telkomsel di Pamasuka, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekira 34% dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya.

"Hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini," bebernya pada siaran pers. 

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami penurunan sebesar -20 % dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat penurunan trafik layanan suara sebesar -5.7 % dibandingkan hari biasa.

Moelky lebih lanjut menambahkan, Telkomsel Pamasuka juga mencatat platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 141%.  

Secara umum, masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti video streaming yang tumbuh sekira 5%, dibandingkan dengan hari biasa.

"Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming tercatat tumbuh 5.9 dan social media terjadi penurunan -1.4%, dibandingkan dengan hari biasa," jelasnya. 

Halaman
1234
Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved