Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Kalsel 2020, KPU Banjarmasin Bantah Tudingan AnandaMu, Petahana Berikan Sindiran

Pilkada Kalsel 2020, Dugaan kecurangan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 diungkapkan oleh kuasa hukum

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
youtube MKRI
Pilkada Kalsel 2020, Suasana sidang MK RI terkait sengketa Pilwali Banjarmasin 2020. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pilkada Kalsel 2020, Dugaan kecurangan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 diungkapkan oleh kuasa hukum pasangan calon (paslon) Hj Ananda-Mushaffa Zakir pada sidang yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI pada Rabu (19/5/2021).

Adapun yang menjadi termohon pada sidang dengan nomor perkara 144/PHP.KOT-XIX/2021 tersebut, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin serta paslon petahana yakni H Ibnu Sina-Arifin Noor selaku pihak terkait.

Agenda sidang sendiri saat itu yakni pemeriksaan pendahuluan hingga penyampaian pokok permohonan dari kuasa hukum pemohon.

Baca juga: Aktif Kembali Bertugas di PSU Pilgub Kalsel, 24 Petugas Pengawas TPS di Binuang Dibekali Bimtek

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel, PLH Sekdako Banjarmasin : Netralitas ASN Harga Mati

Baca juga: Hadiri Rapat Persiapan PSU Pilgub Kalsel, Wabup Tapin Pastikan Daerah PSU Libur Kerja

Ketua Kuasa Hukum AnandaMu yakni Bambang Widjojanto pun langsung membacakan ringkasan pokok permohonan.

Berbagai dugaan kecurangan pun dibeberkan oleh Bambang Widjojanto, mulai dari cenderung keberpihakan termohon kepada petahana, hingga perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tidak memenuhi persyaratan.

Sidang sendiri akan kembali dilanjutkan pada besok Jumat (21/5/2021) pagi, dengan agenda mendengarkan keterangan dari termohon.

KPU Banjarmasin pun memastikan siap untuk melakukan bantahan terkait tudingan dari tim AnandaMu dalam sidang berikutnya ini.

"Kita sudah siapkan jawaban dan alat bukti untuk sidang nanti," ujar Heri Wijaya selaku Koordinator Divisi Hukum KPU Banjarmasin kepada banjarmasinpost.co.id, Kamis (20/5/2021).

Heri pun menegaskan bahwa dalam sidang berikutnya ini, pihaknya pun akan melakukan bantahan atas tudingan-tudingan dari tim AnandaMu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved