Breaking News:

Berita Palangkaraya

Ratusan Personil Latihan Penanggulangan Karhutla Kawasan Rawan Terbakar Pulangpisau, Kalteng

Ratusan personel Polda Kalteng, Polres Pulangpisau dan instansi terkait lainnya, melakukan latihan bersama di kawasan lahan rawan terbakar di Desa Tum

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id / faturahman
Personil Polri Polda Kalteng saat kegiatan apel persiapan menghadapi Karhutla di Kalteng. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Ratusan personel Polda Kalteng, Polres Pulangpisau dan instansi terkait lainnya, melakukan latihan bersama di kawasan lahan rawan terbakar di Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulangpisau Kalteng, Kamis (20/5/2021).

Memasuki musim kemarau basah yang terjadi saat ini, ada kerawanan terjadi kebakaran lahan sehingga sejumlah personil Polda Kalteng dikerahkan dalam melakukan upaya antisipatif dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan di Kota Palangkaraya.

Latihan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilakukan selama tiga hari tersebut, ditutup dengan latihan gabungan (Latgab) di kawasan lahan Desa Tumbang Nusa Kabupaten Pulangpisau, Kalteng yang banyak mendapat perhatian warga yang lewat.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, dalam melakukan pemadaman lahan yang terbakar, personil harus benar-benar aktif berusaha memadamkan lahan yang terbakar.Bahkan, Kapolda Dedi Prasetyo, menerobos semak belukar dan hutan belantara dalam memantau langsung jalanya latihan simulasi di medan tersebut.

Baca juga: Kawasan Semak Belukar Rawan Kebakaran Lahan di Palangkaraya Instensif Dipantau Polisi

Baca juga: Kebakaran Lahan Kalteng, Terbanyak Terjadi di Bulan April 2021 Sebanyak Tujuh Kali

Baca juga: Polisi Selidiki Kebakaran Lahan Seluas Lima Hektare di Jalan Dulin Kandang Palangkaraya

Kapolda mengapresiasi pelaksanaan latihan simulasi karena sudah dilaksanakan dengan serius dan penuh tanggungjawab tersebut.
"Latihan pemadaman karhutla, harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan untuk menambah ketrampilan serta kemahiran personel dalam menanggulangi kebakaran," ujarnya.

Kapolda menekankan pentingnya SOP penanggulangan Karhutlah, mulai dari pencegahan, pemadaman dan penegakkan hukum yang dilakukan terhadap pelanggar aturan yang telah ditentukan."Harus jelas pembagian tugasnya , sehingga upaya penanggulangan Karhutla berhasil dengan baik dan optimal," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved