Berita Tanahlaut

Antisipasi Risiko Curah Hujan Tinggi, BPBD Tanahlaut Pantau DAS Jorong dan Kintap

Intensitas hujan masih berpotensi sampai dengan akhir Mei berdasarkan informasi BMKG, BPBD Tala siap penanganan darurat bencana

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/roy
SAHRUDIN, kepala pelaksana BPBD Tala 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Prakiraaan curah hujan tinggi yang masih akan terjadi hingga Juni 2021 mendatang disikapi serius oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Intensitas hujan masih berpotensi sampai dengan akhir Mei berdasarkan informasi BMKG. Kami BPBD Tala selalu siap dalam penanganan darurat bencana," ucap Kepala Pelaksana BPBD Tala Sahrudin, Jumat (21/5/2021)..

Ia menuturkan kondisi sekarang daerah rawan banjir yang menjadi lokus BPBD Tala yakni daerah aliran sungai (DAS) Jorong do Kecamatan Jorong dan DAS Kintap di Kecamatan Kintap.

"Pantauan DAS saat ini masih dalam kondisi normal walaupun beberapa hari lalu sempat mengalami peningkatan debit air disebabkan tingginya curah hujan di dataran tinggi seperti di Desa Salaman dan Riamadungan, Kecamatan Kintap," sebutnya.

Baca juga: Banjir Kalsel, Ringankan Beban Korban Banjir Satui, BPBD Tanahlaut Salurkan Sejumlah Bahan Pangan

Baca juga: Kunjungan Sepi Sejak Pandemi, Penyedia Jasa Motor ATV di Pantai Tala Terpaksa Jual Sebagian Unit

Peningkatan debit tersebut terpantau pada Senin kemarin bersamaan terjadinya banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu).

Saat itu, sebutnya, debit air di DAS Jorong dan Kintap sempat naik sekitar setengah meter.

Namun begitu tak sampai meluap ke rumah warga di sekitar bantaran sungai.

Baca juga: Kecelakaan Kalteng, Truk Tangki Serempet Inova di Jalan Pelantaran-Parenggean Kotim

Walau begitu, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan. Tiap hari pemantauan terus dilakukan oleh personel yang ada di posko di wilayah Kintap.

"Persiapan personel selalu menjadi fokus BPBD Tala dan siap bergerak kapan saja dan selalu berkoordinasi dengan aparat desa terkait khususnya wilayah yang berpotensi bencana," tandasnya.

Sarana penunjang seperti perahu karet bermesin, lanjut Sahrudin, juga telah disiapkan di Posko BPBD di Kecamatan Kintap.

"Kami selalu berkoordinasi dengan polsek, koramil, kecamatan, dan desa yang berpotensi banjir," ucapnya.

( Banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved