Breaking News:

Banjir Kalsel

Banjir Kalsel, Banjir Satui Tanahbumbu Mulai Turun, Laznas Bagikan Nasi Bungkus

Banjir Kalsel, Banjir di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) yang terjadi sejak hari raya Idul Fitri 13 Mei 2021, melanda 6 desa di Kecamatan Satui

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
Laznas LMI
Banjir Kalsel, Laznas saat bagijan nasi bungkus ke warga Tanbu. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Banjir Kalsel, Banjir di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) yang terjadi sejak hari raya Idul Fitri 13 Mei 2021, melanda 6 desa di Kecamatan Satui.

Proses evakuasi terus dilakukan tim gabungan yang telah mendata 13.433 jiwa menjadi korban terdampak banjir, kini belum berakhir karena banjir susula .

Sejak Sabtu (15/5/2021) lalu, banjir yang melanda Kabupaten Tanahbumbu sudah mendapat penanganan dari tim gabungan khususnya dari unsur Kantor SAR Banjarmasin, BPBD, Tagana Kalsel dan Tagana Kabupaten Tanah Bumbu, TNI, Polri serta relawan lainnya tak henti melakukan penyisiran dan pertolongan sejak banjir mengepung permukiman warga.

Koordinator Operasi SAR Kecamatan Satui dari Kantor SAR Banjarmasin, Aziz mengatakan, banjir yang melanda desa yakni Desa Sinar Bulan, Desa Jombang, Desa Sungai Danau, Desa Sejahtera Mulia, Desa Satui Barat, dan Desa Satui Timur.

Baca juga: Banjir Kalsel, di Kecamatan Kusan Hulu Juga Dilanda Banjir, Camat Sebut Mulai Turun

Baca juga: VIDEO Banjir Kalsel, Warga Satui Kabupaten Tanbu Ini Pilih Tak Mengungsi

Baca juga: Banjir Kalsel Datang Lagi,  Warga Satui Tanbu Ini Bertahan Walaupun Rumahnya Terendam

Baca juga: Banjir Kalsel, Warga Sinar Bulan Kembali ke Pengungsian SMPN 4 Satui

Mereka telah melakukan evakuasi terhadap korban terdampak banjir. Jadi untuk Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu ini yang terdampak ada 3.891 kepala keluarga dengan 13.433 jiwa. Kemudian ketinggian air rata-rata 2-3 meter saat banjir dihari lebaran.

Membantu evakuasi, Laznas LMI terjunkan 7 relawan untuk membantu evakuasi dan penyaluran bantuan kepada para warga terdampak Banjir di Kalimantan Selatan. Medan yang dilewati tidaklah mudah, para relawan harus berjalan kaki dan dibantu perahu untuk evakuasi para warga.

“Meski banjir mulai surut, namun para warga masih kesusahan untuk masak dan memenuhi kebutuhan pangan. Tak ada bahan pangan yang dimiliki,” ujar Nur Rohman Susanto Plt Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan, Jumat (21/5/2021).

“Alhamdulillah tim relawan Laznas LMI bersama BPBD Kalsel membantu memasak di dapur umum lalu membagikan ratusan nasi bungkus dari rumah ke rumah. Serta untuk warga di pengungsian,” tambahnya.

Dia berharap kondisi segera membaik dan para warga bisa beraktivitas normal kembali. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved