Breaking News:

Wabah Corona Kalteng

Wabah Corona Kalteng, Program Vaksinasi di Kabupaten Kapuas Masih Berfokus Untuk Lansia dan Guru

Wabah Corona Kalteng, Program vaksinasi covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas saat ini masih

Dinkes Kapuas
Saat pelaksanaan Vaksin Covid-19 dosis pertama untuk lansia di Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Wabah Corona Kalteng, Program vaksinasi covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas saat ini masih berfokus pada lanjut usia (Lansia) dan guru atau tenaga kependidikan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami, mengatakan hal itu sesuai arahan Kementerian Kesehatan terkait program vaksinasi untuk masyarakat, prioritas untuk saat ini masih berfokus kepada lansia dan guru.

"Untuk cakupan vaksinasi Lansia di Kabupaten Kapuas sudah mencapai 2,47 persen dosis ke-1 dengan jumlah yang divaksin sudah 747 lansia dari jumlah sasaran sebanyak 30.191. Sedangkan untuk dosis ke-2 sudah sebanyak 552 lansia yang telah divaksin atau baru mencapai 1,83 persen," kata dr Tri, Jumat (21/5/2021).

Dilanjutkannya, saat bulan Ramadan pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dan guru tetap berjalan sesuai standar yang telah ditentukan.

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Prokes Pengendara di Jalan Tjilik Riwut Palangkaraya-Kasongan Dipantau

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Pengawasan Pasien OTG Covid-19 Saat Isolasi Mandiri Diperketat

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Puskesmas di Palangkaraya Buka Layanan Keliling Antar Jemput Vaksinasi Lansia

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Idul Fitri, Rapat Koordinasi Digelar

"Namun ada beberapa lansia yang tidak mau vaksinasi dan menunggu setelah lebaran," ucapnya.

Ia pun mengungkapkan program vaksinasi banyak dipusatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas dan belum lama ini telah dilakukan secara massal untuk guru dan calon jemaah haji.

Bahkan, lanjutnya, satu hari sebelum lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H, beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih melayani vaksinasi untuk dosis ke-2.

"Setelah lebaran pun, PKM dan RSUD juga tetap melayani vaksinasi dengan masih memprioritaskan lansia dan guru-guru," tuturnya.

Selain itu, dia meminta kepada masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin dan tidak terpengaruh akan informasi-informasi hoax terkait vaksin.

"Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputaran vaksin Covid-19, dapat mengaksesnya di s.id/infovaksin," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved