Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Banjar Ingatkan Tugas dan Fungsi Pengawas Kecamatan

Bawaslu Kabupaten Banjar gelar bimtek pengawasan PSU Pilgub Kalsel, diikuti petugas dari 15 desa se Kecamatan Mataraman. PSU dilaksanakan 9 Juni 2021.

BAWASLU KABUPATEN BANJAR
Pihak Bawaslu Kabupaten Banjar lakukan pembekalan kepada petugas pengawas di wilayah pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pemilihan gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel) di Kecamatan Mataraman, Sabtu (22/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pihak Bawaslu Kabupaten Banjar beri pembekalan kepada petugas di wilayah pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pemilihan gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel).

Jadwal PSU Pilgub Kalsel yang sudah ditetapkan adalah pada 9 Juni 2021 di tiga daerah, Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin.

Khusus di wilayah  Kabupaten Banjar akan diselenggarakan hanya di 5 kecamatan, yaitu Martapura, Astambul, Aluhaluh, Sumbermakmur dan Mataraman. Totalnya, terdapat 502 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Anggota Bawaslu Kabupaten Banjar, Hairul Falah, mengatakan, dirinya mengisi materi kegiatan bimbingan teknis (Bintek) kepada anggota Panitia Pengawas Kecamatan Mataraman, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: VIDEO PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Periksa Logistik yang Baru Tiba di Trisakti Banjarmasin

Baca juga: Pengurus Ikasba Bantu Menjaga Kerukunan Jelang PSU Pilgub Kalsel

Pesertanya, para pengawas dari 15 desa se Kecamatan Mataraman, bertempat di Aula Kantor PTPN XIII Kebun Danau Salak, Desa Bawahan Selan, Kabupaten Banjar.

Kegiatan pengawasan ini dibuka Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Mataraman, Leni Musiani Wulandari.

Masih kata Hairul Falah, dirinya mengingatkan kepada peserta, pertahanan diri pengawas desa adalah integritas, pertahanan lembaga pengawas adalah netralitas dan pekerjaan sebagai pengawas pemilihan adalah amanah.

Pihaknya berharap agar semua itu diimplementasikan para petugas di lapangan, sesuai ketentuan dalam UU 10 Tahun 2016 untuk melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai pengawas pemilihan di wilayah desa. 

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar, DPRD Minta Pelaksanaannya Sesuai Aturan

"Jajaran pengawas pemilihan di tingkat desa, masing-masing bisa memahami peran dan fungsinya dalam melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi," kata Hairul Falah.

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved