Berita Tanahbumbu

Kompleks Kubah Pagatan Bakal Direhab Dinas PUPR Kabupaten Tanbu

Atap bocor didapati di bagian depan hingga dalam Kubah Pagatan di Pagatan, juga areanya sempit, sehingga akan direnovasi Dinas PUPR Kabupaten Tanbu.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Subhansyah, saat di depan Kubah Pagatan yang terletak di pinggir pantai, Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (24/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kubah Pagatan atau Syekh Mufti Muhammad Arsyad bin Muhammd As'ad, selalu ramai dikunjungi peziarah lokal maupun luar Provinsi Kalimantan Selatan.

Makam Wali Allah ini tepat berada di pinggir pantai, Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalsel.

Makam ini merupakan keturunan Syekh Muhammd Arsyad Albanjari atau Datu Kelampayan yang makamnya ada di Desa Kelampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Untuk Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad ini, kondisi kubahnya sekarang, banyak bagian yang rusak. Bahkan bocor, mulai dari kubahnya hingga pendoponya.

Baca juga: VIDEO Plt Kadis PUPR Kabupaten Tanbu Tinjau Jalan Desa Bunati yang Longsor Akibat Tambang

Baca juga: Narkoba Kalsel, Polisi Sergap Tersangka Pengedar Sabu di Jalan Insgub Kabupaten Tanbu

Karena itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanbu, Subhansyah, ST, MT, Senin (24/5/2021), turun langsung melakukan peninjauan di Kubah Pagatan tersebut.

Menurutnya, kompleks wisata religi yang ada di Kabupaten Tanbu ini memang mengundang banyak peziarah. Fasilitas yang ada, diakuinya, masih sangat minim dan banyak yang rusak.

Misalnya saja, jalan masuk yang sudah banyak rusak, plafon kubah dekat pintu masuk dan juga pendopo tempat warga berkumpul santai dan makan-makan dalam keadaan bocor. 

"Kami dari Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu akan lakukan rehab ringan. Karena kami lihat kondisinya banyak yang rusak. Sedangkan ini makam wali Allah, selalu ramai dikunjungi, makanya penting untuk direhab," sebut Subhansyah.

Baca juga: Minimalisir Ulah Kontraktor Nakal, Plt Kadis PUPR Tanbu Pantau Normalisasi Sungai di Danau Indah

Baca juga: VIDEO Perbaikan 2 Jembatan di Gunung Tinggi Kabupaten Tanbu Selesai, Jalan Akan Dibuka

Peziarah Kubah Pagatan Tanahbumbu yang sempat ditanyai, juga berharap fasilitas ditambah. Terutama kubah yang ukuran di dalam masih sempit hingga tempat berjualan yang pas.

"Insya Allah kami rehab ringan. Kami akan anggarkan di APBD Perubahan nanti," janjinya. 

Sementara itu, seorang warga, Hj Marpuah, mengatakan, area kubah banyak yang rusak. Bahkan, plafonnya dan jalan masuk ke ruang kubah makam, bila hujan, airnya merembes.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Subhansyah, saat meninjau Kubah Pagatan yang terletak di pinggir pantai, Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (24/5/2021).
Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Subhansyah, saat meninjau Kubah Pagatan yang terletak di pinggir pantai, Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (24/5/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT)

"Kami harap benar-benar direhab karena bila musim hujan sering kebasahan. Kasihan peziarah yang datang," harapnya.

Dia juga berharap agar kompleks Kubah Pagatan Tanahbumbu ini bisa segera direnovasi dan lebih tertata dan lebih bagus lagi. 

"Peziarahnya cukup banyak, apalagi setelah Lebaran ini, banyak rombongan yang berdatangan. Makanya perlu ditata lagi," pintanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved