Breaking News:

TECHNO

Permenkominfo No 5/2020 Resmi Berlaku, Tokopedia dan Kawan-kawan Wajib Setor Data ke Pemerintah

Permenkominfo No 5 Tahun 2020 resmi berlaku, Senin (24/5/2021). Perusahaan digital seperti Tokopedia dan kawan-kawannya harus setor data

Editor: Anjar Wulandari
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto
Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat resmi berlaku, Senin (24/5/2021). 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah resmi memberlakukan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 ( Permenkominfo No 5/2020) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Aturan yang berlaku mulai hari ini, Senin (24/5/2021), itu berdampak pada sejumlah kewajiban yang harus dilakukan perusahaan digital atau online yang beroperasi di Indonesia.

Dalam Permenkominfo No 5 Tahun 2020, PSE Lingkup Privat yang dimaksud merupakan perusahaan atau badan yang menggelar layanan digital atau online, antara lain Google, Facebook, YouTube, twitter, TikTok, Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

Dengan diberlakukannya aturan ini, perusahaan digital seperti Tokopedia dan kawan-kawannya itu harus memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan pemerintah Indonesia.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Vivo V21 5G yang Rilis 24 Mei 2021, Dilengkapi Kamera Super OIS 44 MP

Baca juga: Cek Fakta Merger Gojek dan Tokopedia Menjadi GoTo, Driver Minta Insentif dan Bonus Naik

Secara garis besar, Permen ini mengatur ihwal pendaftaran, tata kelola, moderasi informasi atau dokumen elektronik, dan permohonan pemutusan akses atas informasi atau dokumen yang dilarang.

Namun, aturan tersebut juga mengatur pemberian akses data pribadi untuk kepentingan pengawasan penegakan hukum, serta sanksi administratif yang mungkin dijatuhkan pada PSE yang ada di Indonesia.

Secara spesifik, ketentuan tersebut diatur dalam Pasal 21 di mana PSE Lingkup Privat wajib memberikan akses terhadap Sistem Elektronik dan/atau data elektronik kepada Kementerian atau lembaga serta aparat penegak hukum, dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ada juga Pasal 36 ayat 5 yang mengatur pemberian akses Data Pribadi Spesifik oleh PSE kepada Aparat Penegak Hukum.

Pasal tersebut berbunyi, "PSE Lingkup Privat memberikan akses terhadap Data Pribadi Spesifik yang diminta oleh Aparat Penegak Hukum dalam hal permintaan tersebut disampaikan berdasarkan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (4)".

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved