Breaking News:

BTalk

BTalk, Ceria Tanpa Mata Panda Menurut Dokter Spesialis Kulit Vina di Banjarmasin

Kantung mata bisa diatasi menurut dr Dwiana Savitri SpKK FINSDV FAADV, Dokter Spesialis Kulit Kelamin RSUD Ansari Saleh Banjarmasin dalam BTalk.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Dokter Spesialis Kulit Kelamin RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, Dwiana Savitri (kiri), diajak berbincang tentang kantung mata dalam BTalk, program Banjarmasin Post yang dipandu host, Layli Hasana Novia Putri, Selasa (25/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mata panda adalah istilah lain dari Kantung Mata, yaitu bagian bawah mata terlihat seperti ada kantung mencembung.

Lantas, apa dan bagaimana penyebab serta cara mengatasinya? 

Pada acara BTalk, Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Selasa 25 Mei  2021 pukul 16.00 Wita, soal Kantung Mata ini dibahas dengan tema Ceria Tanpa Kantung Mata

Narasumbernya, dr Dwiana Savitri SpKK FINSDV FAADV, Dokter Spesialis Kulit Kelamin RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, dipandu host, Layli Hasana Novia Putri. 

Dijelaskan dr Vina, panggilan akrabnya, kantung mata itu ada dua penyebab, yakni sebab dari dalam dan sebab dari luar. 

Baca juga: Erin S Kupas Trik Usaha kecantikan di Tengah Pandemi dan Serangan Bisnis Online di BTalk Sore ini

Baca juga: Kosmetik dan Skincare di Banjarmasin Ramai Pembeli

Sebab dari dalam antara lain karena faktor genetika, bisa juga karena usia.

Sebab lainnya karena pembuluh darah bawah mata menonjol dan berwarna agak gelap, selain itu bisa karena penyakit sinusitis kronis atau juga kekurangan vitamin K dan pembengkakan bawah mata. 

"Sebab dari luar bisa karena aktivitas di bawah sinar matahari yang tanpa mengenakan topi. Bisa juga alergi, eksim atau gatal, kelelahan, kurang tidur atau insomnia, begadang sambil merokok kemudian minum soda atau kopi," jelas dr Vina. 

Tentunya dalam hal terapi harus diketahui dulu penyebab tadi. Kalau memang genetika, maka memang sudah keturunan. Kalaupun ingin menyamarkan, bisa dengan kosmetik.

"Jadi, dilihat dulu penyebabnya. Misal karena pigmentasi, maka kurangi pigmennya. Jika karena pembuluh darah, maka diterapi. Kantung matanya disertai kerutan, mungkin karena alergi," urai dia.

Baca juga: Ikuti Riasan Memukau Barbie Look Ala Selebritis Kalsel Ini

Baca juga: 3 Cara Memunculkan Inner Beauty untuk Melengkapi Kecantikan Fisik Anda, Ini Caranya

Bagi orang dewasa atau orangtua, bisa saja diatasi dengan operasi dan treatment, tapi pastinya tak bisa 100 persen. 

Ada terapi dengan kompres es, kantong teh atau irisan timun. Tapi, itu hanya mengatasi bengkaknya saja, sedangkan warna kulit yang agak gelap tetap saja. 

Acara ini rekamannya juga bisa disaksikan di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved