Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Dinas PMD Tanahbumbu Gelar Lomba Inovasi Tekhnologi Tepat Guna Tahun 2021

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat kabupaten Tahun 2021.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
Dinas PMD Tanahbumbu
Plt Kadis PMD Tanahbumbu Samsir saat tinjau salah satu inovasi desa 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat kabupaten Tahun 2021.

Kegiatan itu digelar di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Simpangempat, Selasa (25/5/2021).

Bupati Tanah Bumbu dr H Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas PMD Samsir, SE.,M.AP mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat penting dan strategis dalam rangka mempromosikan inovasi dari seluruh desa dibidang innovasi teknologi tepat guna.

Selain itu, event ini juga sebagai upaya turut mendorong percepatan kemandirian masyarakat desa guna meningkatkan kualitas dan kuantitas diwilayah pedesaan dalam pengelolaan dan optimalisasi sumber daya alam Desa.

Baca juga: Bupati Tanbu Mou dengan SMK Pertanian Pembangunan Banjarbaru, Waduk Akan Aliri Pertanian

Baca juga: Wakil Bupati Tanbu M Rusli Terpilih sebagai Ketua Kwartir Gerakan Pramuka

Baca juga: Bupati Tanbu Zairullah Azhar Pimpin Rakor SKPD untuk Tajamkan Program Pembangunan

Baca juga: Pasca Lebaran, Bupati Tanbu Zairullah Azhar Pimpin Apel Gabungan

"Saya berharap melalui momentum lomba inovasi teknologi tepat guna kali ini dapat turut mendorong tumbuh kembangnya inovasi-inovasi baru pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota dan mampu menjawab permasalahan masyarakat dan tidak merusak lingkungan," sebutnya.

Sehingga lanjut Samsir, nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud Tanah Bumbu.

Usai prmbacaan sambutan, Plt Kepala Dinas PMD lanjutkan dengan melakukan penilaian kealat inovasi teknologi tepat guna yang dimiliki setiap Desa yang ikut serta.

Diantaranya, desa Suka Damai dari Kecamatan mentewe ada Alat penetas telur, desa Sumber Wangi dari Kecamatan karang bintang dengan Alat Pemotong Legendar Krupuk, desa Barokah dari Kecamatan Simpangempat berupa alat pengolah limbah organik, desa Mustika kecamatan Kuranji dengan alat Aqq produksi ikan dan sayur dengan menggunakan ulat magot sebagai makan ikan serta desa Karang Indah dari Kecamatan Angsana dengan alat pengembangan motor listrik.

Turut berhadir pada acara tersebut Kepala SKPD, Camat, Kabid PEPD,Kasi Pemmas dan Kessos Kecamatan,Tenaga Pendamping Desa dan PLD. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved