Breaking News:

Bumi Sanggam

Siapkan Tenaga Kerja Terampil, BLK Kabupaten Balangan Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Wakil Bupati Balangan, Supiani, buka latihan keterampilan bagi warga di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
PROKOPIM KABUPATEN BALANGAN
Wakil Bupati Supiani memasang tanda peserta bagi siswa yang mengikuti pelatihan di BLK Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, menggelar pembukaan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi tahap kedua. 

Pelatihan yang dibuka Wakil Bupati Balangan Supiani ini bertempat di UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan tersebut, ada empat jenis kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan, yakni pelatihan desain grafis muda, operator komputer muda, otomotif servis sepeda motor injeksi dan menjahit dengan mesin.

Kemudian, Supiani berpesan, agar pelatihan kali ini dapat dimanfaatkan para peserta dengan sebaik mungkin.

Ia juga berharap untuk peserta yang mengikuti pelatihan bisa mengembangkan ilmu demi kemajuan daerah di Kabupaten Balangan.

"Kami merekrut semua tenaga yang ada di Kabupaten Balangan, dan ini nantinya yang akan kami satukan untuk meningkatkan UMKM di Balangan, sehingga tidak perlu menggunakan tenaga dari luar daerah," ujarnya.

Perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI BBPLK Bekasi, Adam Aziz, turur hadir dalam kegiatan ini, mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja di Kabupaten Balangan agar ke depannya bisa terserap di dunia kerja.

"Mudah-mudahan seperti yang dikatakan ke depan untuk operator alat berat, maintenance alat berat bukan berasal dari orang luar lagi melainkan asli dari Kabupaten Balangan," ucapnya. 

Kepala Balai Latihan Kerja Kabupaten Balangan, Zeki Muttaqin, di tempat terpisah menyampaikan, untuk peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 80 orang. 

Mereka terbagi pada lima kelas, yakni dua kelas menjahit, satu kelas servis motor injeksi, satu kelas desain grafis, dan satu kelas operator komputer muda. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved