Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Kartu Kendali Gas LPG 3 Kg di Kabupaten Tabalong Siap Diluncurkan

Penerapan kartu kendali LPG 3 Kg dilakukan bertahap kepada warga yang telah ditentukan, dimulai Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Penggunaan kartu kendali gas LPG 3 Kg dalam waktu dekat segera diterapkan pada agen dan pangkalan yang ada di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penerapan dilakukan bertahap dengan menjadikan Kecamatan Murung Pudak sebagai wilayah yang mulai menerapkan kartu kendali gas LPG 3 Kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabalong, Husin Ansari, Senin (24/5/2021), menyampaikan kartu kendali ini akan diluncurkan awal Juni nanti.

"Awal Juni dilaunching, khususnya untuk Kecamatan Murung Pudak," katanya saat ditemui setelah sosialisasi teknis penerapan kartu kendali gas LPG 3 Kg di Aula Kantor Disperindag Tabalong.

Baca juga: Usulkan Pembelajaran Tatap Muka, Dua SMK di Tabalong Ini Diverifikasi Satgas Covid-19 Murung Pudak

Baca juga: RSUD H Badaruddin Kasim Kabupaten Tabalong Dapat 10 Kursi Roda untuk Layanan Rawat Jalan

Penerapan kartu kendali yang sudah diatur dalam Perbup No 20 Tahun 2021 ini akan dilakukan bertahap dan Kecamatan Murung Pudak yang terdapat 24 Pangkalan LPG 3 Kg dipilih sebagai pilot project.

Ditambahkannya, sebagai persiapan pihaknya melakukan sosialisasi bagi Agen Elpiji 3 kg dan pangkalan di Kecamatan Murung Pudak.

Sedangkan sosialisasi bagi para penerima akan dilakukan juga saat kartu kendali diserahkan.

Kemudian, data penerima gas LPG 3 kg, juga telah disiapkan, baik dari Dinas Sosial, Disperindag serta Dinas Koperasi dan UKM.

Baca juga: Hasil Operasi Ketupat 2021 di Tabalong, Ratusan Kendaraan Putar Balik dan 3 Rapid Antigen Positif 

Baca juga: VIDEO Petugas Operasi Yustisi Tegur Warga Tak Bermasker di Pasar Kapar Kabupaten Tabalong

"Jadi secara umum, data sudah siap, tinggal memilah orangnya per pangkalan saja," ungkapnya.

Kartu kendali tersebut, lanjut dia, dibuat untuk bisa mengendalikan penjualan gas LPG 3 kg agar tepat sasaran, sehingga tidak ada lagi dijual bebas.

Ini karena, data penerima kartu kendali adalah warga yang memiliki Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial.

Petugas saat mengamankan tabung gas 3 kilogram di Desa Nawin, Kecamatan Haruai, Tabalong.
ILUSTRASI - Petugas Polres Tabalong saat mengamankan tabung LPG 3 kilogram di Desa Nawin, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. (Polres Tabalong untuk BPost)

Kemudian juga, mereka yang dari kelompok pelaku UKM yang masuk di data Dinas Koperasi dan UKM di Disperindag.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved