Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Surat Suara PSU Pilgub Kalsel 2020 untuk Kecamatan Banjarmasin Selatan Mulai Dilipat

Pelipatan surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Surat suara untuk PSU Pilgub Kalsel 2020 untuk Kecamatan Banjarmasin Selatan mulai dilakukan pelipatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelipatan surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin.

Proses pelipatan surat suara untuk PSU Pilgub Kalsel 2020 ini dilakukan di Gedung Wanita di Jalan Brigjen Hasan Basri, mulai hari ini Rabu (26/5/2021) siang.

Surat suara sendiri diketahui sudah diterima oleh KPU Banjarmasin terhitung sejak Sabtu (22/5/2021) dari KPU Kalsel.

Komisioner KPU Banjarmasin, Hery Wijaya menerangkan bahwa jumlah surat suara yang diterima dari KPU Kalsel untuk PSU Pilgub Kalsel 2020 sebesar 110.635.

Baca juga: Survei Tim BirinMu Sebut Unggul Dalam Elektabilitas Jelang PSU Pilgub Kalsel

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, 40 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih di Binuang, ini Kata KPU Tapin

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Minta Paslon Tak Pasang Spanduk, Bawaslu Terima 18 Laporan Pelanggaran

Jumlah tersebut menurutnya sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menjadi wilayah pelaksanaan PSU yakni Kecamatan Banjarmasin Selatan.

"DPT di Kecamatan Banjarmasin Selatan itu sebesar 107.782, kemudian ditambah dengan cadangan yakni 2,5 persen sehingga totalnya 110.635 surat suara," katanya.

Dijelaskan oleh Hery Wijaya bahwa surat suara berjumlah 110.635 tersebut diterima dalam sebuah kotak kemasan.

"Ada 55 kotak dengan isi 2000 surat suara, kemudian satu kotak berisi 635 surat suara sehingga totalnya ada 56 kotak surat suara," jelasnya.

Disinggung mengenai target penyelesaian pelipatan sekaligus juga penyortiran surat suara tersebut, Hery Wijaya mengatakan tiga hari.

"Kami targetkan selama tiga hari dan dimulai hari ini. Tapi mudah-mudahan dalam dua hari sudah bisa selesai," ujarnya seraya mengatakan bahwa proses pelipatan surat suara tersebut juga dikawal oleh aparat kepolisian.

Ditanya mengenai apabila ditemukan surat suara yang rusak dan sebagainya saat dilakukan penyortiran, Hery Wijaya mengatakan akan segera melaporkannya ke KPU Kalsel.

"Akan kita buatkan berita acara, dan kalau memang nantinya jumlahnya kurang karena banyak ditemukan yang rusak maka kita akan mengajukkan permintaan untuk ditambah," katanya.

Baca juga: VIDEO Logistik PSU Pilgub Kalsel Tiba di Tapin, Ketua KPU Sebut Surat Suara Kurang 252 Lembar

Sementara mengenai logistik pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 lainnya yang sudah diterima, Hery Wijaya menerangkan ada beberapa.

"Kita sudah menerima 1195 kabel ties untuk kotak suara, kemudian APD seperti masker kain sebanyak 800 buah. Yang lainnya mungkin menyusul, misalkan kotak suara rencananya besok kita terima," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved