Breaking News:

Sport

VIDEO Penyumpit Balangan Sikat Semua Medali dan Serunya Lomba Belogo

Penyumpit Balangan sikat semua medali pada cabor menyumpit yang digelar di Banjarmasin pada festival lima cabang olahraga tradisional Balogo

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Antusiasme peserta Festival Lima Cabang Olahraga yang termasuk dalam olahraga tradisiona cukup tinggi. Seperti olahraga tradisional Balogo yang dilaksanakan pada Rabu (26/5/2021) di halaman eks kantor Gubernur di depan Tugu O Km .

Di hari pertama lomba balogo ini yang berlomba adalah putri dan nantinya pada besok (Kamis, Red) dikuti pemain balogo putra.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, peserta perempuan cukup antusias bermain logo untuk mengikuti lomba jarak 6 meter, 9 meter dan 12 meter. Baik anak-anak hingga perempuan dewasa putri mengikuti lomba permainan tradisional ini.

Mereka pun memukul logo dengan stik bambu mereka. Terkadang teriakan senang kala mengenai target. Para pemain pun beragam dari berbagai kampung bermain tradisonal.

Pemain logo anak-anak Neysa dan Qarin dari Kampung bermain Sugiono mengaku senang bermain ini karena di sekolahnya juga senang bermain logo ini.

"Permainannya santai juga tak bikin nafas ngos ngosan , capek juga," paparnya dengan senyum.

Satu panitia Bahriansyah mengatakan hari ini lomba berlogo dan dikuti peserta putra-putri dan ada kategori beregu dan perorangan.

Untuk perorarangan diambil juaranya 6 orang. Antusis pesertanya cukup banyak.

Plt Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional , dan Layanan Khusus, Budiono menuturkan untuk hari pertama ini belogo putri telah selesai dan disambung besok untuuk jarak 14 meter. Dan nantinya hasil totalan lomba akan dihitung.

Penyumpit Balangan Sikat Semua Medali

 Gelaran festival lima cabang olahraga yang termasuk dalam olahraga tradisional saat ini telah dimulai digelar dan masih berlangsung di areal Gelanggang Olahraga (GOR) Hasanuddin HM dan beberapa tempat lainnya.

Salah satu yang telah selesai adalah cabang  olahraga menyumpit atau sumpit. Pada lomba ini penyumpit-penyumpit dari Kabupaten Balangan meraih semua medali pada jarak sumpit 25 meter.

Pada lomba Selasa (25/5/2021)  sore hari penyumpit Balangan berhasil memperoleh juara 1, 2 , dan 3. Untuk juara 1 diraih oleh Herdiansyah,  Juara 2, Juliansyah Roy, dan juara 3 Juliansyah kesemuanya dari Kabupaten Balangan.
Bahkan juara 4, 5, hingga 9 pun juga diraih para penyumpit dari Balangan. Penyumpit Banjarmasin harus puas juga berada di posisi 9 atas nama Faisal Imron.

Kepala adat Halong, Gupen yang memimpin rombongan penyumpit Balangan, Rabu (26/5/2021) mengiyakan timnya menyapu bersih medali di lomba sumpit.
" Yang menyapu bersih medali dari juara 1 hingga harapan 3 atau enam orang, paparnya.

Menurutnya para penyumpit Balangan, khususnya komunitas di Halong sangat aktif dimana anak-anak muda atlet menyumpit mereka latihan rutin.(banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved