Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Bisnis Tanaman Hias sedang 'Layu', Begini Kata Penjual di Kota Banjarbaru

Penjual tanaman hias di Kota Banjarbaru tak lagi menikmati massa booming, diduga karena masyarakat telah banyak punya koleksi sehingga tak menambahnya

Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Tanaman hias koleksi seorang warga di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bisnis Tanaman hias memang penuh dinamika. Sempat booming, kini bisnis tersebut kembali biasa-biasa saja alias tak lagi ramai seperti di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Sebagaimana beberapa waktu lalu apalagi di awal pandemi, bisnis Tanaman hias jadi primadona karena masyarakat lebih banyak di rumah dan mengisi waktu dengan mengurus tanaman hias.

Harga beberapa jenis Tanaman hias melonjak naik. Namun sekarang, harga kembali normal seiring penjualan yang berangsur biasa-biasa saja.

Penuturan Aufa, seorang penjual Tanaman hias di Kota Banjarbaru, Kamis (29/5/2021), saat ini yang membeli hanya pehobi lama dan pembelian pun jumlahnya tidak banyak.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema agar Tumbuh Subur dan Cantik

Baca juga: Wisata Kalsel, Taman Kaktus Marni di Wanaraya Batola Dikunjungi Pencinta Tanaman Hias

"Kalau kemarin-kemarin banyak pehobi baru yang belinya macam-macam jenis. Sekarang tidak lagi. Mungkin sudah merasa cukup dengan koleksi yang ada," duga Aufa kepada Banjarmasinpost.co.id.

Hal senada diungkapkan Syahid, penjual Tanaman hias lainnya di Kota Banjarbaru, tentang situasi yang tidak seramai dulu.

Namun begitu dirinya merasa yakin, sebagaimana yang sudah-sudah, tren tanaman hias akan kembali booming di waktu depan.

"Itulah dinamikanya. Nanti akan ramai lagi. Sementara ini ya sabar dulu, pembeli tetap ada, terutama dari pehobi lama atau pelanggan lama," tandasnya.

Baca juga: Miana Makin Viral, Kini Si Bayam-bayaman Banyak Diburu Penghobi Tanaman Hias di Kalsel

Baca juga: Pemuda Banjarbaru Ini Rajin Bikin Kreasi Rak Tanaman Hias, Dijual Rp 60 hingga Rp 300 Ribu

Sebelumnya tren Tanaman hias berupa kaktus mini, miana, aglonema, keladi, membuat bisnis tanaman hias melambung. Per tanaman dijual mulai Rp 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved