Breaking News:

Berita banjarmasin

Respon Vaksinasi Biddokkes Polda Kalsel, 300 Warga Banjarmasin Barat Divaksin Covid-19 

Sebanyak 300 lebih warga Banjarmasin Barat divaksin Covid-19 melalui Program Respon Vaksinasi Biddokkes Polda Kalsel

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Biddokkes Polda Kalsel Untuk Bpost
Warga Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dalam kegiatan Respon Vaksinasi Biddokkes Polda Kalsel di Polsek Banjarmasin Barat, Kamis (27/5/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Polda Kalsel melalui Program Respon Vaksinasi Biddokkes Polda Kalsel kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal kepada masyarakat di Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin, Kamis (27/5/2021).

Tak kurang dari 316 orang peserta berhasil divaksin Covid-19 dalam kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Polsek Banjarmasin Barat Jalan Ir PM Noor, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. 

Kabiddokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Ubaidillah sebagai penanggungjawab kegiatan dan memantau langsung pelaksanaan vaksinasi mengatakan, sebagian peserta menjalani vaksinasi pertama dan sebagian vaksinasi dosis kedua. 

Lebih spesifik, yaitu 27 orang mendapatkan suntikan vaksin pertama dan 289 lainnya mendapatkan suntikan vaksin kedua. 

Baca juga: Vaksinasi Tahap Dua di Polsek Banjarmasin Tengah, 450 Vaksin Ditarget ke Masyarakat

Baca juga: Ribuan Vaksinator Bertugas Melakukan Vaksinasi Covid-19 Lansia di 80 Titik se-Kalteng

"Sebenarnya kami menargetkan 350 peserta, tapi ada 4 yang ditunda pemberian vaksinnya saat skrining kondisi kesehatan dan ada 18 yang tidak hadir," kata Kabiddokkes. 

Seluruh peserta vaksinasi ini juga terdata secara rinci dalam basis data Aplikasi p-care Klinik Polda. 

Meski jumlah peserta mencapai 300 orang lebih, namun pelaksanaan vaksinasi dilakukan tetap dengan memeperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. 

Selain dilaksanakan di area terbuka, jam hadir peserta vaksinasi juga diatur agar tak terjadi antrean yang panjang dan berpotensi menjadi kerumunan. 

Masyarakat peserta mengikuti satu demi satu tahapan mulai dari registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin hingga monitoring selama tiga puluh menit. 

Tahapan terakhir yaitu monitoring kata Kombes Pol dr Ubaidillah juga sangat penting untuk memastikan orang yang divaksin tidak mengalami gejala efek samping apapun. 

"Kegiatan dalam berjalan aman dan lancar sampai selesai," kata Kabiddokkes.

Pada kegiatan Respon Vaksinasi Biddokkes Polda Kalsel kali ini, vaksinator dan tenaga kesehatan yang dikerahkan merupakan gabungan dari personel Biddokkes Polda Kalsel, Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin dan Rumah Sakit Suaka Insan.

Baca juga: Pemkab HSU Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Para Lansia

Sebelumnya dijelaskan Kabiddokkes, Kota Banjarmasin yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalsel memang menjadi salah satu daerah yang menjadi fokus percepatan vaksinasi di Kalsel. 

Pasalnya, Kota Banjarmasin merupakan salah satu Kota dengan jumlah penduduk paling banyak di Kalsel dan menjadi pusat kegiatan ekonomi, industri jasa dan yang lainnya.

(banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved