Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Perayaan Waisak Dilakukan Secara Sederhana di Vihara Dhammasoka Banjarmasin

Hari Raya Waisak di Vihara Dhammasoka Jalan Piere Tendean, Kelurahan Gadang, Banjarmasin, dilaksanakan umat Hindu dengan peribadatan secara virtual.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peribadatan pada Hari Raya Tri Suci Waisak cukup sepi di Vihara Dhammasoka di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (26/5/2021).

Bahkan di tempat peribadatan yang terletak di Jalan Piere Tendean, Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah, tersebut hanya dihadiri beberapa orang.

Ini dikarenakan, pelaksanaanya juga secara daring, mengingat situasi masih pademi Covid-19.

Ibadah dilaksanakan tiga kali, yakni untuk anak-anak dan remaja saat pagi, sedangkan untuk dewasa saat sore dan dilakukan secara virtual.

Baca juga: Sterilkan Vihara di Momen Trisuci Waisak, Ditsamapta Polda Kalsel Terjunkan Unit Satwa K-9

Baca juga: Tata Cara Perayaan Hari Waisak 2021 di Masa Pandemi, Begini Bunyi Surat Edaran Kemenag

Pada prosesi ibadah kedua untuk kalangan pelajar khususnya dari jenjang SMP hingga SMA, hanya dihadiri beberapa perwakilan siswa.

Adapun serangkaian ibadah yang dilakukan, mulai dari pembacaan doa, kemudian juga mengelilingi patung Budha sebanyak tiga kali dengan membawa bunga hingga dupa (paradhakina).

"Tiga kali mengelilingi ini sebagai penghormatan kepada Budha, Dharma dan Sangha. Kemudian prosesi selanjutnya ada meditasi serta penyampaian wejangan-wejangan oleh bhikku," ujar Pandita di Vihara Dhammasoka, Sarwadharma.

Diterangkannya pula bahwa sama seperti tahun lalu, upacara peringatan Hari Raya Waisak kali ini dilaksanakan dengan sederhana. Pasalnya, kondisi masih dalam suasana pandemi.

Baca juga: VIDEO Surat Suara PSU Pilgub Kalsel untuk Banjarmasin Selatan Mulai Dilipat

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Kabupaten Banjar Teliti Daftar Pemilih

"Yang penting inti dari peringatan Waisak itu sendiri tersampaikan. Karena pada dasarnya Hari Raya Waisak  bukanlah pesta ataupun keramaian, melainkan renungan. Dan ini juga dilaksanakan secara virtual," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved