Breaking News:

Bumi Sanggam

Bupati Balangan Minta Pemkab dan Pemdes Berkolaborasi Maksimalkan Potensi

Bupati Balangan memaparkan beberapa kebijakan menyelaraskan perencanaan pembangunan pemdes dengan visi misi Pemkab

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, Abdul Hadi 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam menjalankan roda pemerintahan, Bupati Balangan, Abdul Hadi beserta Wakil Bupati Balangan, Supiani terus berkoordinasi dengan setiap elemen.

Terutama memberikan arahan kepada para kepala desa dan lurah se Kabupaten Balangan.

Pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sangam ini menyampaikan pemerintah daerah dan pemerintah desa harus berkolaborasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Balangan, dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Abdul Hadi juga memaparkan beberapa kebijakan dan langkah strategis dalam menyelaraskan perencanaan pembangunan pemerintah desa dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Balangan.

Diantaranya, proses asistensi Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) akan dilakukan oleh tim yang dibentuk di tingkat kabupaten.

Kemudian untuk perencanaan pembangunan, Abdul Hadi menegaskan perencanaan desa tidak boleh berjalan sendiri-sendiri.

Selanjutnya untuk penggunaan dana desa perlu perubahan mindset, perlu diarahkan untuk meningkatkan ekonomi melalui pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Mengembangkan wisata alam, seni dan budaya, serta mewujudkan ketahanan pangan dengan membuka usaha disektor pertanian, hortikultura, peternakan ataupun perikanan, sesuai dengan potensi desa masing-masing," ucapnya.

Orang nomor satu di Balangan ini juga menyampaikan, dalam rangka mempercepat pembangunan, diperlukan adanya kesamaan persepsi antara pemerintah daerah dan pemerintah desa.

Tak kalah penting ialah setiap aparat pemerintah desa dalam penanganan dan penggunaan dana desa harus teliti dan berhati-hati.

Pekerjaan dilaksanakan sesuai prosedur, dengan memperhatikan manajemen kerja.

"Fungsi manajemen, di sana ada perangkat desa, jangan one man show, tampil sendiri, tidak memerankan perangkat yang ada," tutup Abdul Hadi. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved