Breaking News:

Berita Balangan

Pemkab Balangan Kembali Terima Penghargaan Opini WTP, Prestasi Kedelapan Sejak Tahun 2014

Pemerintah Kabupaten Balangan kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) terhadap pengelolaan keuangannya dari Badan Pemeriksa Keuan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Edi Nugroho
Humas Pemkab Balangan
Bupati Balangan, Abdul Hadi didampingi Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan menerima penghargaan Opini WTP yang diserahkan oleh BPK RI Perwakilan Kalsel, M Ali Asyhar 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU- Pemerintah Kabupaten Balangan kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) terhadap pengelolaan keuangannya dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) Republik Indonesia. Prestasi ini menjadi yang kedelapan kalinya sejak tahun 2014 hingga dengan tahun 2021 ini.

Opini WTP yang kedelapan dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LKPD ) Tahun anggaran 2020 diumumkan Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel M Ali Asyhar usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Balangan kepada Bupati Bupati Balangan H Abdul Hadi.

Abdul Hadi menerima penghargaan Opini WTP didampingi Ketua DPR Balangan Ahsani Fauzan ,Plt Inspektorat Kabupaten Balangan H Sutikno dan Kepala BKD Kabupaten Balangan,Tamrin Jumat (28/5/2021).

Bupati Balangan, Abdul Hadi mengutarakan rasa syukurnya karena telah menerima Laporan Hasil Pemeriksa Keuangan LKPD Tahun 2020 dari Kepala BPK RI kepada DPRD dan Pemerintah Kabupaten Balangan.

“Banyak hal yang telah dicapai termasuk hari ini BPK RI Perwakilan Kalsel telah memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk kedelapan kalinya.

Baca juga: Bupati Balangan Minta Pemkab dan Pemdes Berkolaborasi Maksimalkan Potensi

Baca juga: Wisata Kalsel : Survey Wisata Alam, Bupati Balangan Geber Trail Tembus Jalur Air Terjun Buntar

Baca juga: Bupati Balangan Letakan Batu Pertama untuk Pembangunan Istana Anak Yatim

Baca juga: VIDEO Sidang Lanjutan Perkara Dugaan Penggelapan Terdakwa Mantan Bupati Balangan

Kami bersyukur hasil kinerja seluruh OPD di lingkungan Pemkab Balangan telah mendekati standar akuntansi pemerintahan sehingga diberikan opini itu,” ujar pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini.

Sebutnya, opini yang diterima tersebut adalah motivasi untuk berbuat lebih baik lagi dan bekerja sesuai standar-standar yang telah ditentukan pemerintah.

Abdul Hadi juga mengingat apa yang disampaikan BPK saat mereka melakukan pembinaan di Balangan, bahwa opini yang diterima harus berkorelasi dengan empat indikator utama.

”Indikator yang perlu diperhatikan yakni terus berupaya menekan angka kemiskinan, meningkatkan indeks pembangunan manusia, dan menekan angka pengangguran terbuka. Sehingga semua rupiah diarahkan untuk mencapai empat indikator itu, kemudian opini WTP yang diterima berkorelasi dengan sesuatu yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan tingkat kesejahteraan masyarakat akan bisa lebih baik lagi,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, M Ali Asyhar menyampaikan bahwa predikat WTP merupakan satu kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah.

Pada kesempatan tersebut, Ia mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten Balangan yang meraih dan mempertahankan WTP untuk tahun 2021 ini.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Balangan atas capaian Opini WTP kedelapan kali, dan yang mengejutkan hari ini adalah penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan yang pertama kali di wilayah Provinsi Kalsel," ungkap M Ali Asyhar.

Disamping itu, sambungnya capaian-capaian pengelolaan keuangan di Pemkab Balangan menunjukkan peningkatan kualitas. Sehingga pihaknya pun memberikan Opini WTP dengan indikator-indikator yang sudah ada yaitu empat kriteria apakah laporan keuangan sudah sesuai dengan standar.

Ia juga berharap capaian-capaian tersebut bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan.(aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved