Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Kabupaten Tapin Siapkan Cara Antisipasi Pemilih Ganda atau Siluman

Mengantisipasi terjadi kecurangan atau ada pemilih ganda pada PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu sudah melakukan antisipasi

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/stan
Sosialisasi Partisipasi Pemilihan Oleh Bawaslu Tapin 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bawaslu Kabupaten Tapin terus melaksanakan persiapan mengantisipasi berbagai kemungkinan pelanggaran yang akan terjadi di Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel di Kecamatan Binuang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin, Thessa Aji Budiono kepada Banjarmasinpost.co.id mengatakan salah satu cara yang sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi pemilih ganda atau siluman pada PSU Pilgub Kalsel yakni yang berhadir ke TPS itu yang benar-benar memiliki hak pilih sesuai dengan daftar pemilih di TPS bersangkutan.

"Salah satunya pemilih yang hadir harus membawa pemberitahuan pemilih atau yang disebut modul C6 kemudian memperlihatkan KTP atau surat keterangan kepada kppsnya dan itu wajib kita cek," jelasnya, Jumat (8/5/2021)

Ia mengatakan untuk Panwascam, panwas desa dan Kelurahan sampai tingkat TPS sudah diaktifkan, totalnya ada 36 orang yang tersebar di 24 TPS.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Kabupaten Banjar Teliti Daftar Pemilih

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Kaji Spanduk yang Dipasang Tim Paslon

"Kepada 36 orang tersebut sudah kita berikan SK," jelasnya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal itu, pihak Bawaslu sudah melaksanakan kesiagaan salah satunya dengan sosialisasi pengawasan partisipatif.

"Menuju pelaksanaan PSU, Bawaslu akan mengadakan kegiatan forum warga ditingkat Desa dengan konsep lebih sederhana yaitu ikut dalam kegiatan pengajian," lanjutnya.

Baca juga: Kebakaran Kalsel : Pasar Bauntung Lama Banjarbaru Terbakar, Relawan Kesulitan Temukan Air

Sementara itu, Ketua Tim Sukses Paslon Nomor Urut 2 Kabupten Tapin, Ahmad Bakri mengatakan pihaknya bersama rekan-rekan sudah mempersiapkan saksi lengkap di 24 TPS yang melaksanakan PSU di kecamatan Binuang.

"Tim-tim kita yang ada di TPS-TPS untuk memastikan proses berjalannya PSU ini aman, tertib dan lancar. Terhindar dari berbagai macam kecurangan-kecurangan," ungkapnya.

Ia mengatakan yang paling penting yakni bagaimana PSU ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses serta demokrasi bisa berjalan semestinya.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved