Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, PPK dan PPS se Kecamatan Banjarmasin Selatan Ikuti Bimtek

KPU Banjarmasin menggelar bimbingan teknis kepada PPK maupun PPS PSU Pilgub Kalsel se Kecamatan Banjarmasin Selatan

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin telah melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan juga Panitia Pemungutan Suara (PPS) PSU Pilgub Kalsel se Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Dilantiknya badan adhoc tersebut, tak lain sebagai persiapan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pilgub Kalsel 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Juni 2021.

Dan masih sebagai rangkaian persiapannya menjelang pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, KPU Banjarmasin menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada PPK maupun PPS, hari ini Sabtu (29/5/2021).

Bimtek ini diikuti oleh seluruh anggota PPK di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang berjumlah lima orang, dan juga anggota PPS yang berjumlah 36 orang dari total 12 kelurahan.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Tapin Terima Alat Pelindung Diri

Baca juga: Persiapan PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Mulai Salurkan Alat Pelindung Diri

Bimtek dilaksanakan di Ballroom SwissBell Hotel Banjarmasin selama dua hari atau hingga besok Minggu (30/5/2021).

"Hari ini bimtek terkait teknis dan rencananya besok akan dilakukan simulasi. Jadi totalnya dua hari pelaksanaan bimtek ini," ujar Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiati Wahdah kepada banjarmasinpost.co.id.

Rahmiati menerangkan kegiatan bimtek tersebut masih menjadi rangkaian persiapan KPU Banjarmasin dalam melaksanakan PSU Pilgub Kalsel 2020.

"Ini sebagai persiapan. Diharapkan nanti penyelenggara sudah siap untuk PSU yang dilaksanakan 9 Juni 2021 nanti. Dan harapan kita tentu saja PPK dan PPS sudah memiliki bekal untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur," tutupnya.

Baca juga: Puting Beliung Rusak Enam Rumah Warga Gambut Kabupaten Banjar

Baca juga: Air di Kusan Tengah Mulai Surut, Warga Tak Lagi Tidur di Katilan Dalam Rumah

Pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 ini sesuai dengan amar putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/3/2021).

Berdasarkan keputusan MK tersebut, PSU harus dilaksanakan di lima kecamatan di Kabupaten Banjar, kemudian di 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tapin dan juga di salah satu kecamatan di Banjarmasin yakni Banjarmasin Selatan.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Banjarmasin Selatan ini sendiri yakni 107.782 orang, yang terdiri atas laki-laki sebanyak 53.308 orang dan 54.474 orang perempuan.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak jika dibandingkan jumlah DPT di empat kecamatan lainnya di Banjarmasin.

Tak heran pula karenanya, Kecamatan Banjarmasin Selatan ini pula menjadi yang terbanyak memiliki TPS yakni mencapai 301 buah.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved