Breaking News:

Berita Nasional

SIM C Bakal Terbagi 3 Jenis, Penerbitan SIM Disesuaikan Kubikasi Kendaraan

Aturan penerbitan SIM akan mengalami perubahan. SIM akan disesuaikan dengan kubikasi kendaraan

Editor: Anjar Wulandari
kompas.com
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM C Bakal Terbagi 3 Jenis, Penerbitan SIM Disesuaikan Kubikasi Kendaraan 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID,JAKARTA - Jenis Surat Izin Mengemudi alias SIM akan bertambah, tidak lagi terbagi SIM A, SIM B dan SIM C.

Nantinya untuk SIM akan disesuaikan dengan kubikasi atau jenis kendaraan bermotor roda dua, empat atau lebih yang dimiliki.

Untuk SIM C saja, akan terbagi menjadi tiga jenis atau golongan. Penerbitan SIM C ini sesuai dengan permohonan dari pemohon SIM.

Sekadar diketahui, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mengeluarkan Perpol Nomor 5 tahun 2021, tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi atau SIM.

Baca juga: Penampakan Bayi Sule dan Nathalie Holscher Terekam, Kondisi Jantung Adik Rizky Febian Disorot

Baca juga: VIDEO Air Terjun Buntar, Wisata Alam Balangan Tawarkan Sensasi Ketenangan

Setelah mengkonfirmasi mengenai kapan aturan penggolongan SIM tersebut akan berlaku, AKBP Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri mengatakan, kebijakannya sudah resmi diterbitkan dan akan berlaku dalam waktu dekat.

"Betul, Perpol tersebut sudah resmi ditanda tangani sejak Februari 2021 lalu, artinya sudah ditetapkan dan berlaku. Namun ada masa sosialisasi lebih dulu, dan waktunya minimal selama enam bulan sejak terbit. Jadi untuk Perpol-nya sendiri sudah berlaku saat ini," kata Arief saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Dengan demikian, artinya antara Agustus atau September 2021, penggolongan SIM untuk kendaraan akan mulai diterapkan.

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) (kompas.com)

Namun Arief mengatakan, soal implementasinya memang akan beriringan dengan persiapan atau ketersediaan kelengakapan dari sisi sarana dan prasarana.

Karena itu, nantinya akan ada sosialisasi terhadap penggolongan SIM lebih dulu, sekaligus menunggu kesiapan alat uji praktik di semua Satpas SIM, juga pembaruan aplikasi dari sistemnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved