Breaking News:

Berita Palangkaraya

Debit Air Sungai Kahayan Palangkaraya Kalteng Naik, Warga di Bantaran Diminta Waspada

Warga yang bermukim dibantaran Sungai Kahayan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, diminta waspada terhadap kenaikkan debit air

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id / faturahman
Debit air Sungai Kahayan Naik, terlihat dari pondasi Jembatan Kahayan yang ukuran debit airnya juga naik. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Warga yang bermukim dibantaran Sungai Kahayan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, diminta waspada terhadap kenaikkan debit air yang mulai ke jalan dan sebagian rumah warga yang ada dipinggiran sungai tersebut.

Pantauan di Palangkaraya debit air sungai kahayan meninggi sejak sepekan ini, sehingga sempat merendam jalan Desa Bukit Rawi dan Desa Penda, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah dan Minggu (30/5/2021) air mulai mengarah ke Palangkaraya.

Salah satu anggota DPRD Kota Palangkaraya, Neni Adriaty Lambung, meminta warga yanga tinggal dibantaran sungai untuk mewaspadai air meluber ke permukiman warga yang ada di bantaran Sungai Kahayan."Ketika air sungai meninggi warga yang ada dibantaran harus waspada," ujarnya.

Sementara itu, sebanyak tujuh rumah di Kelurahan Marang , Kecamatan Bukitbatu, Palangkaraya, masih terendam banjir, masyarakat setempat kesulitan melakukan aktivitas dikarenakan akses jalan yang rusak dan sulit untuk dilalui karena terendam air.

Baca juga: Warga Palangkaraya Padati Dermaga Wisata Sungai Kahayan Saksikan Gerhana Bulan

Baca juga: Air Luberan Sungai Kahayan Masih Menggenangi Jalan Bukitrawi Pulangpisau Kalteng

Baca juga: VIDEO Profil Pelabuhan Rambang Sungai Kahayan Palangkaraya

Baca juga: KaltengPedia : Profil Pelabuhan Rambang Sungai Kahayan Palangkaraya Kalteng  

Pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta aparatur kelurahan melaksanakan peninjauan di RT 01/RW 02, pada Sabtu (29/5/2021) kemarin."Banjir masih menggenangi jalan di sekitar kawasan itu, sebanyak tujuh rumah sempat kemasukkan air, sehingga aktivitas masyarakat sedikit terganggu,” ujar Babinsa Marang, Serma Dedy Hariyadi.

Warga masyarakat setempat meminta aparat segera melaporkan kondisi tersebut kepada pemerintah Kota Palangkaraya agar melakukan tindakan, warga berharap, dibangun akses jalan menuju perkampungan di Kelurahan Marang, karena masih banyak yang rusak sehingga tidak layak dilalui.K

Sementara iru, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan , Kelurahan Marang, Sri Wanti berjanji akan menyampaikan keluhan masyarakat setempat kepada Pemko Palangkaraya."Kami memang sering turun ke lapangan menyerap aspirasi warga," ujar Mantan Staf Humas Pemko Palangkaraya ini. (banjarmasinpost.co.id / faturahman),

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved