Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Gelar Rapat Pleno, KPU Banjarmasin Tetapkan Ibnu-Arifin Paslon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

KPU Banjarmasin menggelar rapat pleno terbuka dan menetapkan paslon Ibnu Sina-Arifin Noor sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Prosesi penyerahan berita acara penetapan paslon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Tahun 2020, Minggu (30/5/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak perlu waktu lama bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, menetapkan Pasangan Calon (Paslon) pemenang Pemilihan Walikota (Pilwali) Banjarmasin 2020.

Penetapan itu dilakukan dua hari lebih cepat setelah putusan MK, yang memerintah KPU menetapkan Paslon suara terbanyak yakni H Ibnu Sina-Arifin Noor, paling lama tiga hari kerja setelah dibacakannya putusan. Kamis (27/5/2021) lalu.

Putusan MK tersebut berisi penolakan terhadap permohonan gugatan, dari Paslon Hj Ananda - Mushaffa Zakir (AnandaMu) yang teregister dengan nomor 144/PHP.KOT-XIX/2021.

Rapat Pleno Terbuka dengan agenda penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin terpilih Tahun 2020 pasca putusan MK, terpusat di Hotel Gsign, Jalan Ahmad Yani 4,5 Banjarmasin, dengan undangan seluruh Paslon, Minggu (30/5/2021) malam.

Baca juga: Gugatan AnandaMu Ditolak MK, H Ibnu Sina-Arifin Noor Langsung Sujud Syukur

Baca juga: Sidang Gugatan PSU Pilkada Banjarmasin di MK RI, Tim Hukum Ibnu Sina Bantah Tuduhan AnandaMU

Baca juga: Penetapan Calon Terpilih Pilkada Banjarmasin 2020 Kembali Tertunda, Ibnu Sina : Sabar Saja

"Penetapan calon terpilih walikota dan wakil walikota Banjarmasin, merupakan hasil dari rekpitulasi suara terbanyak adalah Paslon nomor urut 02, Ibnu Sina Arifin Noor," kata Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati.

Selanjutnya hasil penetapan tersebut Jelas Rahmi langsung diserahkan ke DPRD Kota Banjarmasin.

"Malam ini juga akan di serahkan kepada DPRD Kota Banjarmasin, tahapan dalam pilkada kami sampai di sini," jelasnya.

Sementara itu Walikota terpilih Ibnu Sina mengatakan bahwa, pilkada kali ini telah memberikan pembelajaran terbuka bagi masyarakat.

Sebab menurut Ibnu seluruh kontestan pilkada telah melaksanakan demokrasi yang santun, dan elegan, dengan mengakui hasil dari KPU.

Baca juga: Sengketa Pilwali Banjarmasin Berakhir, Ini Komentar Tim Hukum AnandaMu Maupun Kubu Petahana

"Bahwa pertandingan atau juga kontestasi ini tujuan utamanya adalah memilih pemimpin yang layak, untuk Kota Banjarmasin ke depan dengan segala tantangannya," jelas Ibnu

Data perolehan suara sah Paslon Haris Makkie - Ilham Nor 34.875, Ibnu Sina - Arifin 89.378, Khairul Saleh - Habib Muhammad Ali Al'Habsyi 29.926 dan Ananda -Musyafa Zakir 81.262.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved