Breaking News:

Berita Kalteng

Hasil Panen Semangka Petani Palangkaraya Dikirim Hingga ke Kalimantan Barat

Kelompok Tani Kalteng Jaya di Palangkaraya mampu menghasilkan 100 ton semangka dari lahan seluas 6 hektare, dijual ke kabupaten tetangga hingga Kalbar

BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN
Petani Kalteng Jaya Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, saat memanen buah semangka. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Tidak semua produk pertanian di Palangkaraya didatangkan dari daeraeh lain di Kalimantan Tengah.

Buah semangka, ternyata dihasilkan dari petani di Palangkaraya. Dan hasil panennya cukup melimpah, sehingga  didistribusikan ke daerah tetangga dan bahkan ke Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Seperti yang dihasilkan dari Kelompok Tani Kalteng Jaya di Palangkaraya, memasok semangkanya sampai  daerah lain. Sekali panen, mampu menghasilkan 100 ton.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangkaraya, Renson, dalam panen panen semangka di Kelurahan Petuk Barunai, Kecamatan Rakumpit, mengakui, produksi semangka ini cukup banyak.

Baca juga: Positif Covid-19 di Kalteng Bertambah 155 Dalam Sehari, Operasi Yustisi Digencarkan di Palangkaraya

Baca juga: Debit Air Sungai Kahayan Palangkaraya Kalteng Naik, Warga di Bantaran Diminta Waspada

Baca juga: Anggota Polda Kalteng Amankan Tiga Warga Palangkaraya Bawa Sajam

Baca juga: Wisata Kalteng, Sejak Susur Sungai Kereng Bengkirai Palangkaraya Dibuka, Ekonomi Masyarakat Tumbuh

"Keperluan pasar lokal sudah cukup. Hasil panen semangka dari Kelompok Tani Kalteng Jaya ini juga dikirim ke kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, juga ada dikirim ke kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Kalimantan Barat," ujarnya.

Kelompok tersebut  didirikan akhir 2019 dan didaftarkan ke DPKP Palangkaraya Kota Palangkaraya melalui penyuluh pendamping pada Januari 2020. 

"Luas lahan Kelompok Tani Kalteng Jaya mencapai 67 hektare, terdiri dari komoditi tanaman sawit 35 hektare, pengembangan komoditi hortikultura berupa jeruk 6 hektare, semangka 6 hektare, cabai rawit 2 hektare dan kolam ikan 1 hektare," rinci dia.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahmah)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved