Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

VIDEO Bawaslu Banjarmasin Gelar Bimbingan Teknis Jelang PSU Pilgub Kalsel

Lima anggota PPK dan 36 anggota PPS dari Kecamatan Banjarmasin Selatan ikut bimtek Bawaslu Banjarmasin untuk hadapi PSU Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021

Editor: Alpri Widianjono 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jelang pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel), KPU Banjarmasin menggelar bimbingan teknis, Sabtu (29/5/2021).

Kegiatan tersebut diikuti 5 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 36 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS), berasal dari 12 kelurahan se Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Berlangsung selama dua hari, Sabtu (29/5/2021) sampai Minggu (30/5/2021), tempatnya di Ball Room SwissBell Hotel Banjarmasin.

"Hari pertama bimtek tentang teknis dan hari keduanya melakukan simulasi," ujar Ketua KPU Banjarmasin,  Rahmiati Wahdah, kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel di Banjarmasin, Personil Polisi Mulai Disiapkan

Baca juga: Persiapan PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Mulai Salurkan Alat Pelindung Diri

Kegiatan bimtek tersebut masih menjadi rangkaian persiapan KPU Banjarmasin dalam melaksanakan PSU Pilgub yang akan diadakan pada 9 Juni 2021.

"Ini sebagai persiapan. Diharapkan nanti penyelenggara sudah siap untuk PSU yang dilaksanakan 9 Juni 2021 . Harapan kami, PPK dan PPS sudah memiliki bekal untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur," imbuhnya.

Pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel sesuai dengan amar putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/3/2021).

Berdasarkan keputusan MK tersebut, PSU harus dilaksanakan di lima kecamatan di Kabupaten Banjar, kemudian di 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tapin dan di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Baca juga: Sanggar Ar-Rumi Ikut Sosialisasikan PSU Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Kabupaten Tapin Siapkan Cara Antisipasi Pemilih Ganda atau Siluman

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Banjarmasin Selatan sebanyak 107.782 orang, terdiri dari 53.308  laki-laki dan 54.474 orang perempuan.

Dan jumlah ini merupakan yang terbanyak, jika dibandingkan jumlah DPT di empat kecamatan lainnya di Banjarmasin.

Tak heran pula karenanya, Kecamatan Banjarmasin Selatan ini pula menjadi yang terbanyak memiliki TPS, yakni mencapai 301 buah.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved