Berita HSU

Warga Banjang Kabupaten HSU Harapkan Jembatan Rusak Diperbaiki

Batang kelapa jadi penutup bagian lantai jembatan rusak, Desa Banjang, dekat Kantor Kecamatan Banjang, Kabupaten HSU. Warga harapkan segera diperbaiki

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Warga mendorong sepedanya saat melintasi jembatan rusak ini di Desa Banjang, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (30/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Jembatan kayu di Desa Banjang, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, memerlukan perbaikan.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id di lokasi, Minggu (30/5/2021), di Jembatan yang berada tak jauh dari Kantor Kecamatan Banjang ini merupakan jembatan kayu.

Menghubungkan Desa Banjang menuju Desa Pulau Damar dan Pawalutan ini juga menjadi akses utama warga untuk melintas.

Kondisi kini, banyak bagiannya yang sudah lapuk. Di bagian tengah Jembatan Rusak ini, diperbaiki dengan menggunakan batang pohon kelapa yang diikat menggunakan rantai.

Penuturan Siti Aminah, warga setempat, banyak pengguna jalan yang terjatuh atau terpeleset saat melewati.

Baca juga: VIDEO Perajin Sasirangan Kabupaten HSU Latihan Bikin Produk Menggunakan Bahan Pewarna Alami

Baca juga: Pengelola Swargaloka HSU Siapkan Pondok Wisata untuk Pengunjung Susur Rawa Melepas Lelah

“Pernah ada truk yang terperosok di bagian sebelah kiri jembatan, dekat dengan pagar jembatan. Karenanya , bagian tersebut menjadi miring dan turun,” ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id. 

Karena banyak papan yang juga sudah lapuk, sehingga tidak ada yang berani melewati di bagian sebelah kiri jika menuju Kantor Camat.

Ditambahkan Siti, ini juga digunakan sebagai lalu lintas warga yang membawa hasil pertanian maupun perkebunan. 

Lahan pertanian di sekitar Desa Pulau Damar sangat luas dan warga biasanya mengangkut hasil pertanian melewati jembatan tersebut.

“Mengangkut karet, juga lewat jembatan ini. Sering gerobak tergelincir di jembatan ini,” imbuh dia. 

Baca juga: Tak Lagi Ditutup, Pantai Pagatan Tanahbumbu Mulai Dipadati Pengunjung

Baca juga: VIDEO Titian di Tengah Rawa Kayakah Jadi Spot Foto Favorit Warga Kabupaten HSU

Terpisah, Camat Banjang, Syarwani, mengatakan, pihaknya telah melakukan pengusulan permohonan perbaikan jembatan berkali-kali.

Beberapa pihak dari Provinsi juga telah melakukan peninjauan beberapa tahun terakhir. Namun sayangnya hingga kini masih belum ada kejelasan kapan jembatan ini bisa diperbaiki. 

"Kami harap tahun ini bisa ada realisasinya dan bisa diperbaiki, Namun karena anggaran dialokasikan untuk Covid-19, perbaikan diundur," ujarnya.

Warga sudah sangat memerlukan perbaikan jembatan, karena usia jembatan yang sudah tua dan kondisinya sangat memprihatinkan.

Kemudian, Syarwani menambahkan, jembatan beberapa kali dilakukan perbaikan sementara oleh warga sekitar agar masih bisa dilintasi.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved