Breaking News:

Berita Banjarbaru

Bahas Pemulihan Pasca Banjir Kalsel, KLHK Janji Berikan Dana Stimulan

Pemerintah Provinsi mengundang Kabupaten kota serta KLHK terdampak untuk mengeksplor hasil kajian cepat penanganan banjir

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Biro Adpim Sekdaprov Kalsel untuk BPost
Rapat Koordinasi percepatan pemulihan lingkungan pascabanjir, Senin (31/5/2021). 

BANJARMASINBPOST, BANJARBARU - Pemerintah Provinsi mengundang Kabupaten kota terdampak untuk mengeksplor hasil kajian cepat penanganan banjir yang dilakukan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan stakeholder lainnya. 

Rapat yang berlangsung di aula dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Senin (31/5/2021) dihadiri pula dari Balai Sungai Wilayah Kalimantan dan beberapa ahli di bidang air dan penanggulangan banjir. 

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar menegaskan, bahwa Pemprov tidak tinggal diam dalam mengatasi banjir pascabencana ini. 

"Kami lakukan gerak cepat, di mana tadi membahas tindak lanjut dari hasil kajian cepat, sesegera mungkin akan dilaksanakan. Ini bukti bahwa Pemprov serius menangani banjir," ujar Roy Rizali Anwar kepada awak media seusai rapat koordinasi percepatan pemulihan lingkungan pasca banjir Kalsel, Senin (31/5/2021) sore.

Baca juga: Banjir Kalsel di Tanbu Surut, Puluhan Hektare Padi di Kusan Tengah Terdampak

Baca juga: Batola Dapat Kucuran Dana Siap Pakai Rp 16 Milyar, Untuk Perbaikan 1.606 Rumah Terdampak Banjir

Baca juga: Sentra Bunga Melati Terdampak Banjir Kalsel, Sekdes Desa Pandak Daun Harapkan Ini

Setditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan di Kementerian Kehutanan RI, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan bahwa ini bukti bahwa Pemerintah serius dalam menangani banjir di Kalsel.

"Banjir di Kalsel ditangani bersama, dari KLHK secara dana simultan dan continue akan mensuport penanganan pascabanjir ini," kata Hanif. 

Berikutnya, sambung Hanif, dengan KLHK dalam penanganan psca banjir ini akan memfokuskan terkait pemulihan lingkungan di Kalsel dan Infrastruktur serta pemulihan ekologis.  

"Untuk penanganan banjir di arah Tanahbumbu, Kalsel dan KLHK sangat serius berpartisipasi yakni dengan melakukan kajian detail sertaembuat tindak lanjut apa yang harus dilakukan agar kesepiannya banjir tidak begitu parah," kata Hanif. 

Adapun Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Kebijakan Wilayah dan Sektor KLHK, Erik Teguh Primiantoro menambahkan KLHK jelas berkomitmen untuk mengatasi soal banjir di Kalsel. 

"Karena itu kemudian langsung Wamen KLHK turun usai diminta Menteri untuk menangani banjir Kalsel, beberapa waktu lalu. kami sudah bertemu Gubernur, kami menyerahkan konsep rencana kegiatan yang akan menjadi kontribusi LHK, salah satu kontribusi LHK ada dari beberapa Dirjen," urai Erik Teguh Primiantoro. 

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved