Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Eksepsi Ditolak Hakim Tipikor Banjarmasin, Kuasa Hukum Terdakwa Kasus PD Baramarta Senang

Hakim Pengadilan Tipikor Banjarmasin tolak eksepsi terdakwa korupsi kas PD Baramarta karena tidak mengenai secara langsung terhadap dakwaan JPU.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Majelis hakim dalam sidang dugaan penyelewengan dana kas Perusahaan Daerah (PD) Baramarta, Kabupaten Banjar, menolak eksepsi dari terdakwa. 

"Mengadili, menyatakan keberatan tim kuasa hukum terdakwa tidak diterima," kata Ketua Majelis Hakim, Sutisna Sarasti, saat membacakan putusan sela di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Kota Banjarmasin,  Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (31/5/2021).

Dengan demikian, proses persidangan atas perkara dengan terdakwa Mantan Direktur PD Baramarta, Teguh Imanullah, tersebut akan tetap dilanjutkan.

Dalam putusan, Majelis Hakim mengemukakan sejumlah pertimbangan. Termasuk, memperhatikan dalil-dalil dalam eksepsi yang diajukan terdakwa serta tanggapan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Baca juga: Kasus PD Baramarta, Mantan Bupati Banjar Guru Khalil Jelaskan Pemeriksaan di Kejati Kalsel

Baca juga: Kasus Dugaan Penyimpangan Kas PD Baramarta Bergulir, Mantan Bupati Banjar Diperiksa sebagai Saksi

Eksepsi yang dibacakan saat Senin (10/5/2021), dinilainya tidak mengenai secara langsung terhadap dakwaan JPU, melainkan terkait formil dakwaan.

Kemudian, tidak sependapat atas dalil eksepsi yang menyebut bahwa dakwaan JPU kabur.

Karena pertimbangan tersebut dan sejumlah pertimbangan lainnya, Majelis Hakim menilai masih perlu untuk memeriksa fakta-fakta terkait untuk memutuskan apakah terjadi tindak pidana.

Dengan putusan ini, terdakwa Teguh Imanullah yang pada sidang kali ini hadir secara virtual, tetap ditahan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

Baca juga: VIDEO Terdakwa Kasus Dana Kas PD Baramarta Kabupaten Banjar Minta Aliran Dana Diungkap

Baca juga: Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Penyimpangan Kas, Kejati Kalsel Tahan Mantan Dirut Baramarta

Setelah putusan sela ini dibacakan, JPU memohon hakim agar diberi kesempatan untuk menghadirkan sejumlah saksi pada sidang selanjutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved