Breaking News:

Berita Kalteng

Festival Budaya Isen Mulang Digelar Bila Kalteng Masuk Zona Hijau Covid-19

Disbudpar Kalteng perkirakan Festival Budaya Isen Mulang bisa digelar Juli atau Agustus 2021, apabila Kalteng berstatus Zona Hijau.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN
Pelaksanaan lomba memasak tradisional, yakni memasak lamang, turut ditampilkan dalam Festival Budaya Isen Mulang di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tiga tahun silam. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah mempersiapkan pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Direncanakan, digelar dalam dua hingga tiga bulan ke depan, sembari memantau perkembangan penanganan Covid-19.

Kegiatan atraksi seni, budaya yang bernilai wisata atau lebih dikenal dengan FBIM di Kalteng, selama ini rutin setiap tahun dilaksanakan.

Diharapkan masyarakat, pada tahun ini bisa kembali digelar meskipun masih menunggu penurunan penyebaran angka Covid-19 hingga Zona Hijau.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kalteng Ajak Lansia Dapatkan Vaksinasi di Pusat Pelayanan Kesehatan

Baca juga: Jelang Kemarau, Kalteng Siagakan Personel dan Peralatan Pemadam Kebakaran Lahan dan Hutan

Beberapa warga Kota Palangkaraya mengaku sudah lama tidak melihat secara langsung FBIM, setelah dua tahun wabah Covid-19 merebak di Kalimantan Tengah.

"Biasanya saya lihat lomba besei kambe di bawah Jembatan Kahayan. Sekarang tidak tampak. Semoga tahun ini bisa dilaksanakan," harap Nur Hudari, warga Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangkaraya, Senin (31/5/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah ( Disbudpar Kalteng ), Guntur Talajan, mengatakan, FBIM tidak bisa digelar pada 2020 karena pandemi Covid-19.

“Tahun 2021 ini, FBIM rencananya tetap digelar karena merupakan agenda dari rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng. Memang telah disetujui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan menjadi salah satu kalendar even nasional,” ujarnya.

Baca juga: Tak Kenakan Masker, Puluhan Pengunjung Kafe di Palangkaraya di Tes Swab PCR dan Antigen

Baca juga: Positif Covid-19 di Kalteng Bertambah 155 Dalam Sehari, Operasi Yustisi Digencarkan di Palangkaraya

Namun begitu, untuk kesiapan pelaksanaan FBIM, pihaknya masih melihat kondisi dan situasi tingkat penyebaran Covid-19 Provinsi Kalteng.

Halaman
12
Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved