Breaking News:

Kebun Agrowisata Polibag di Banjarmasin

Wisata Kalsel : Kebun Agrowisata Polibag Tumbuh Subur, Dipupuk Kandang Produksi Sendiri

Begitu suburnya tanaman sayur dan buah-buahan di Kebun Angrowisata milik Lies Pribadi tak lepas berkat pupuk hasil produksi sendiri

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Tedi Gunawan saat mengolah pupuk kandang sendiri, Senin (31/5/2021). 

BANJARMASIN POST.CO.ID - Begitu suburnya tanaman sayur dan buah-buahan di Kebun Angrowisata milik Lies Pribadi tak lepas berkat tangan dingin Tedi Gunawan memelihara dan memberi pupuk kandang.

"Saya mengolah dan membikin pupuk sendiri disini," kata Tedi saat ditemui mengolah pupuk.

Dijelaskannya, bahan pupuk kandang ini terdiri kotoran ayam atau kotoran sapi atau kambing, kulit padi atau sekam yang dibakar hingga menjadi arang dan dipermentasikan.

"Kalau kotoran sapi atau kambing lebih lama membikinnya, karena harus dijemur lebih dulu. Bisa dua minggu baru jadi pupuk kandangnya, sedangkan kotorannya kering hanya seminggu," ucap adik Lies Pribadi ini.

Baca juga: Wisata Kalsel : Wanita Banjarmasin Ini Sulap Eks Jemuran Laundry Jadi Kebun Agrowisata

Baca juga: Kunjungi Agrowisata Polibag, Istri Wali Kota Terpilih dan IWAPI Banjarmasin Panen Tomat

Baca juga: Wisata Kalsel : Gagal Wujudkan Labirin, Kebun Agrowisata Polybag Ini Tetap Keren Untuk Selfie

Setelah diaduk, lanjut Dedi, dipermentasikan, ditutup pakai karung dan dibasahi. Pupuk kandang itu sudah jadi atau masak terasa panas dan berbau khas.

Dijelaskan dia, membikin sendiri pupuk kandang jauh lebih murah. Sekam cukup mudah dicari, begitu juga kotoran ayam maupun sapi ada saja orang menjual.

"Kebetulan kami punya mobil sendiri, sehingga biaya lebih ringan biayanya. Karena bisa membawa sekam maupun pupuk lebih banyak," ucapnya.

Pupuk kandang olahannya tidak untuk dijual, tapi buat menanam sayuran dan buahan yang di polybag. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved