Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Dinas Pertanian Tanah Bumbu Launching Aplikasi PAHAM Padi

Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) launching dan sosialisasi aplikasi PAHAM Padi, Senin (31/05/2021).

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
Kominfo Tala
Peluncuran Aplikasi Paham Padi di Dinas Pertanian Tanbu. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) launching dan sosialisasi aplikasi PAHAM Padi, Senin (31/05/2021).

Apa itu PAHAM Padi, itu merupakan sebuah aplikasi pengendalian hama dan penyakit tanaman padi berbasis aplikasi website.

Acara ini dihadiri oleh Tenaga Ahli Percepatan Pembangunan Bidang Pertanian, Kepala Dinas Pertanian, BAPPEDA, BPKAD, dan stakeholder terkait.

Tenaga Ahli Percepatan Pembangunan Bidang Pertanian Aman Ma’mur dalam kesempatan itu, sangat mendukung aplikasi tersebut karena sangat membatu Dinas Pertanian dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat petani untuk memberikan informasi tentang pengendalian hama dan penyakit tanaman padi.

Baca juga: Bupati Tanbu Zairullah Azhar Pimpin Rakor SKPD untuk Tajamkan Program Pembangunan

Baca juga: Pasca Lebaran, Bupati Tanbu Zairullah Azhar Pimpin Apel Gabungan

Baca juga: Dipenghujung Ramadan 1442 H, Bupati Zairullah Rombak 10 Pejabat Eselon II Pemkab Tanbu

Baca juga: Pimpin Apel Gabungan Operasi Ketupat Intan 2021, Zairullah Bacakan Sambutan Kapolri

Kepala Dinas Pertanian Fauraji Akbar menyampaikan, launching Paham Padi didasari keperluan akan sebuah cara dalam memantau pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu dengan lebih baik.

“Kabupaten Tanah Bumbu memiliki lahan sawah eksisting yang cukup luas yaitu sekitar 10.834 ha, sehingga diperlukan aplikasi yang dapat membantu petugas untuk mengidentifikasi, mengamati, mendapatkan informasi cara pengendalian hama penyakit padi. Diharapkan dengan pengendalian yang tepat, maka dapat meningkatkan produksi padi dan meningkatkan kesejahteraan petani” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertania Kabupaten Tanbj, Robby Candra menambahkan, dengan adanya laporan yang masuk melalui aplikasi itu, Dinas Pertanian dapat mengetahui jenis serangan hama penyakit padi, lokasi serangan dan luasnya sehingga dapat menjadi dasar dalam menyusun kebijakan program dan kegiatan perlindungan tanaman.

Aplkasi PAHAM Padi sendiri merupakan aksi perubahan yang dilakukan Robby Chandra dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved