Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Hari Lahir Pancasila 2021, Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat dan Tenun Pagatan Tanahbumbu Kalsel

Presiden Jokowi pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 mengenakan pakaian adat dan tenun pagatan Tanahbumbu

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Humpro Setdako Banjarbaru
Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat dan tenun pagatan Tanahbumbu pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, Selasa (1/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ada yang menarik di Hari Peringatan Hari Lahir Pancasila yang di gelar di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (1/6/2021).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/6/2021).

Jokowi, yang bertindak sebagai inspektur upacara, hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi mengenakan baju adat Tenun Pagatan dari Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu).

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya. Novi saat ini menduduki jabatan Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta.

Baca juga: KalselPedia: Kain Tenun Pagatan

Baca juga: Puan Maharani Tak Sungkan Praktik Menenun di Stan Tenun Pagatan

Baca juga: Makna Pakaian Adat Dipakai Presiden Jokowi Saat Upacara HUT ke-75 RI, Lengkap dari Tahun ke Tahun

Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infantri Muhammad Imam. Dia kini menjabat Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden.

Yang menarik adalah pakaian yang digunakan Presiden Joko Widodo, kain Tenun Pagatan kembali digunakan Presiden RI.

Ada kebanggan tersendiri bagi Warga Tanahbumbu, karena kain khas Pagatan kembali dikenakan Orang nomor satu di Negara ini, di hari peringatan besar di Indonesia.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu, Dr H Ambo Sakka, kembali ucapakan terimakasih dan penghargaan serta penghormataan yang setinggi-tingginya.

" Kami warga Kabupaten Tanbu dan Pemerintah daerah, sangat berterimakasih kepada bapak presiden yang kesekian kalinya. Penghormataan setinggi-tinggi kepada pak Presiden karena kembali kenakan pakaian adat dari Tanahbumbu," kata Ambo Sakka.

Dia juga sudah menyampaikan ucapan tersebut ke Istana Negara. Ini sebagai penghormatan yang luar biasa, karena pakaian Adat dari Tanahbumbu (campuran Bugis dan Banjar) kembali dikenakan beliau.

"Ini bukan yang pertama kalinya beliau mengenakan Pakaian Adat Tanbu dan Tenun Pagatan. Kalau tidak salah, beliau sudah 3 kali mengenakannya," katanya.

Pertama, lanjut Sekda, Presiden mengenakan Pakaian Adat Tanbu dengan kain tenun Pagatan saat acara pesta pantai Mappanre ritasi Pagatan pada 2017 lalu.

Baca juga: Ini yang Menjadi Tantangan bagi Perias Pengantin Bila Mempelai Menggunakan Pakaian Adat Banjar

Kedua, Presiden RI mengenakan pakaian adat tersebut di Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017.

Dan Ketiga, pakaian Adat itu kembali dikenakan di Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021 ini.

"Ini suatu kebanggan bagi warga Tanbu. Dan kami sangat mengucapkan tetimakasih, penghargaan dan penghormatan kepada bapak Presiden kita," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved