Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Banjir Rob di Aluhaluh, Begini Tanggapan Pejabat Pemerintah Kabupaten Banjar

Kerusakan terjadi akibat banjir besar dan juga banjir rob di Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar. Pihak BPBD dan PUPR akan bantu pihak kecamatan.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Inilah akses jalan raya yang terendam banjir rob di Desa Bunipah, Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (1/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar ternyata belum menerima informasi banjir rob yang dialami warga Kecamatan Aluhaluh pesisir Sungai Barito.

Menyikapi banjir rob di Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (1/6/2021), BPBD Kabupaten Banjar menunggu informasi dari aparat Kantor Kecamatan Aluhaluh.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Banjar, Yayan Dariyanto, berjanji segera berkoordinasi dengan pimpinannya.

"Infonya juga kami dapat dari pihak aparat kantor kecamatan yang akan menindaklanjutinya dengan membuat laporan kejadian," ujar Yayan kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Terdampak Pasang Air Laut Kalsel, Banjir Rob Rendam Kecamatan Aluhaluh Kabupaten Banjar

Menurutnya, sesuai informasi dari pihak aparat Kantor Kecamatan Aluhaluh, kejadian banjirnya berkala dengan durasi pendek tapi berulang beberapa saat.

Sementara itu, Camat Aluhaluh, Syaifullah Efendi, mengatakan, peristiwa banjir rob sudah hal biasa bagi warga setempat. "Ada yang pasang 1 meter dalam rumah," katanya.

Seharusnya, normalisasi anak sungai setempat. Tapi kendalanya, banyak rumah di bantaran sungai dan membuat jamban apung.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan, merasa prihatin dengan musibah banjir rob yang terjadi di Kecamatan Aluhaluh.

Baca juga: Banjir Rob Kembali Mengancam Banjarmasin Kalsel, PUPR Kerahkan Tim Turbo

"Mengenai banjir rob yang terjadi di Kecamatan Aluhaluh, kami turut prihatin. Namun dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang khususnya bidang Bina Marga selalu berupaya meningkatkan roda perekonomian," katanya.

Pemerintah Kabupaten Banjar, lanjutnya, memberikan kemudahan pelayanan masyarakat dengan mengupayakan memperbaiki jalan yang ada di Kecamatan Aluhaluh. Khususnya, ruas Jalan Pasar Arba-Aluhaluh.

"Kami tetap memberikan tingkat pelayanan yang baik, sehingga mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan," katanya.

Sebelumnya, Ahmad, warga Desa Bunipah Kecamatan Aluhaluh menginginkan agar akses jalan raya menuju arah simpang Desa Malintang Kecamatan Gambut diperbaiki pasca banjir dan juga akibat banjir rob.

Kondisi jalannya berlubang dan sebagaian aspalnya bergelombang, bahu jalan miring karena tergerus banjir yang menyisakan lubang.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved