Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

BPS Sebut Kalsel Alami Inflasi 0,89 Persen pada Mei 2021

Menurut Kepala BPS Kalsel, Iinflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ALPRI WIDIANJONO
Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan di Jalan Trikora, Guntung Manggis, Kota Banjarbaru. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pada Mei 2021, di Kalimantan Selatan terjadi inflasi sebesar 0,89 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 108,01. 

Diuraikan Kepala BPS Kalsel Yos Rusdiansyah, kota di Kalimantan Selatan mengalami inflasi yaitu Banjarmasin sebesar 0,96 persen, Kotabaru sebesar 0,69 persen dan Tanjung sebesar 0,31 persen. 

"Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran," ujarnya, Rabu (2/6/2021).

Ia pun merinci, kelompok yang mengalami kenaikan, yaitu tansportasi sebesar 2,58 persen. Diikuti makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,79 persen.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: 32 Pasien Sembuh, Positif 12 Orang, Meninggal 3

Baca juga: Gaji ke-13 ASN Belum Cair, Pemprov Kalsel Tunggu Juknis Menkeu

Kemudian, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,96 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,71 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,36 persen.

Lainnya, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin  rumah tangga sebesar 0,23 persen, serta   kesehatan sebesar 0,11 persen. 

Sementara itu, menurut Yos Rusdiansyah, indeks kelompok lainnya  tidak mengalami perubahan atau mengalami penurunan. 

"Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kalimantan Selatan, antara lain angkutan udara, mangga, daging ayam ras, minyak goreng dan rokok kretek filter," urainya. 

Baca juga: Penembakan di Tanahbumbu Kalsel, Polisi Temukan Selongsong Peluru Kaliber 5,56 MM

Baca juga: Fakta Mutilasi di Banjarmasin Terus Terungkap, Inilah Motif Pelaku Tega Habisi Nyawa Korban

Jika dihitung berdasarkan tahun kalender, pada Mei 2021 Kalimantan Selatan mengalami inflasi sebesar 1,16  persen. Sedangkan tingkat inflasi tahun ke tahun (Mei 2021 terhadap Mei 2020) sebesar 2,92 persen.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved