Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dinkes Banjarmasin Perluas Sasaran Vaksinasi Covid-19, Sasar Usia 50 Sampai 59 Tahun

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P), 28 Mei lalu meng

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Petugas dari Dinkes Banjarmasin sedang melakukan vaksinasi Covid-19. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P), 28 Mei lalu mengeluarkan surat edaran terbaru.

Adapun isinya memerintahkan Kepala Dinas (Dinkes) mulai dari tingkat provinsi, kabupaten maupun kota, untuk melakukan percepatan dalam upaya vaksinasi di tahap kedua ini.

Menariknya dalam surat edaran kali ini, yang menjadi sasaran vaksinasi tak hanya lansia dan petugas pemberi pelayanan publik, tapi juga menyasar pra lansia. Yakni, mereka yang berusia 50 sampai 59 tahun.

Selain itu, dalam surat edaran bernomor HK.02.02/II/1406/2021, itu pula diketahui bahwa mereka yang berusia 18 hingga 49 tahun juga diperbolehkan bervaksin. Tapi dengan syarat, musti membawa dua orang yang berusia 50 tahun ke atas.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Guru di Tabalong Digencarkan, Dukung Rencana PTM Juli Nanti

Baca juga: Songsong Belajar Tatap Muka, Dinkes Tala Pastikan Juni Vaksinasi Guru Tuntas

Baca juga: VIDEO Ratusan Guru di Kabupaten Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Baca juga: VIDEO Ratusan Guru di Kabupaten Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama untuk Guru, Ratusan Pendidik di Tabalong Antusias Divaksin

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi membenarkannya. Menurutnya, surat edaran itu sebagai langkah atau upaya percepatan vaksinasi.

"Ya, sehubungan dengan adanya surat edaran baru dari Dirjen P2P tersebut, maka kita pun juga akan memperluas sasaran vaksinasi Covid-19," ujar Machli.

Juru Bicara Tim Satgas COVID-19 Banjarmasin ini menambahkan bahwa pihaknya mempersilakan warga yang usianya sesuai dengan kriteria di dalam surat edaran itu untuk bervaksin.

"Tempatnya, di seluruh puskesmas yang ada di wilayah masing-masing," tambah Machli.

Tak kalah penting juga, Machli pun menghimbau mereka yang termasuk dalam usia produktif yakni 18-49 tahun juga berperan aktif dalam pencapaian vaksinasi untuk lansia di Banjarmasin.

"Kita berharap sekali yang termasuk kategori produktif dan ikut divaksinasi ini, membawakan dua orang lansia untuk bisa dilakukan vaksinasi," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved