Breaking News:

Berita Kapuas

Disdukcapil Kapuas Sosialisasikan Percepatan Kepemilikan KIA di Kecamatan Kapuas Timur

Upaya percepatan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas laksanakan sosialisasi

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edi Nugroho
Disdukcapil Kapuas
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas laksanakan sosialisasi percepatan Kepemilikan KIA di Kecamatan Kapuas Timur. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Upaya percepatan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas laksanakan sosialisasi percepatan Kepemilikan KIA di Lingkungan Sekolah Dasar Kecamatan Kapuas Timur.

Kegiatan sosialisasi ini dikoordinir oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Disdukcapil Kapuas, Hamsiah yang didampingi para Kasi.

"Ya, sosialisasi kami laksanakan awal pekan tadi, untuk mempercepat cakupan kepemilikan KIA di lingkungan sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kapuas Timur," katanya, Rabu (2/6/2021)

Ini mengacu pada Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Dimana Permendagri tentang Kartu Identitas Anak adalah upaya Pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia.

Baca juga: Datangi Disdukcapil Kapuas, Satgas Saber Pungli Pasang Stiker Stop Pungli

Baca juga: Disdukcapil Palangkaraya Buka Informasi Layanan Dokumen Kependudukan Lewat Tiga Jalur

Baca juga:  Disdukcapil BanjarmasinTutup Saat Libur Lebaran, Warga Diminta Berurusan Sebelum 12 Mei

Baca juga: Ramadhan 1442 H, Begini Layanan Kependudukan di Kantor Disdukcapil Kapuas Kalteng

"Berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara," jelasnya.

Kartu Identitas Anak sendiri diperuntukan bagi anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan.

Hamsiah juga menambahkan bahwa Disdukcapil Kapuas juga sekarang mempermudah syarat-syarat untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak.

Seperti cukup melampirkan Kartu Keluarga dan Fas Foto dengan catatan bahwa orang tuanya, pernikahannya tercatat dan anaknya sudah memiliki Akta Kelahiran.

Bagi orang tua yang pernikahannya belum tercatat dapat mengisi formulir Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) Kawin pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved