Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Efek Insentif PPnBM, Mobil Baru Laris, Mobil Bekas di Banjarmasin Lesu

Insentif PPnBM bisa didapat pembeli mobil baru Toyota dan Mitsubishi dari beberapa jenis, tetapi berdampak pada penurunan pada penjualan mobil bekas.

Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/mariana
Mobil yang dijual di salah satu show room di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah ada insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang berlaku mulai Maret 2021, harga beberapa mobil baru sejumlah tipe jadi turun.

Lantas, bagaimana kondisi penjualan mobil baru dan mobil bekas di Kalsel? 

Sebagaimana diketahui, Kementerian Keuangan mengeluarkan aturan pemberian insentif PPnBM 0 persen untuk mobil baru. Ada sekitar 21 mobil baru yang bisa turun harga hingga puluhan juta rupiah.

Berikut daftar 21 jenis yang seluruh variannya bisa menikmati insentif PPnBM. Mobil Toyota; Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush, Raize. Produk Daihatsu; Xenia, Gran Max Minibus, Luxio, Terios, Rocky.

Baca juga: Kebijakan PPnBM di Kalsel, Hingga Maret Belum Berpengaruh Terhadap Penerimaan BBNKB

Baca juga: VIDEO Kebijakan PPnBM Perburuk Bisnis Mobil Bekas di Kalsel

Dari Mitsubishi; Xpander, Xpander Cross. Nissan Livina, produk Honda; Brio RS, Mobilio, BR-V, HR-V. Produk Suzuki; New Ertiga, XL-7. Wuling Confero

Diketahui, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021 mengatur tentang PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Anggaran 2021. 

Dengan aturan itu, pemerintah memangkas PPnBM mobil baru hingga akhir 2021 ini dengan tarif yang turun berjenjang selama tiga bulanan.

Manajer Honda Trio Motor Banjarmasin, Chandra, mobil memang tergolong batang mewah. Tapi kandungan pajak PPNnBM-nya berbeda-beda, mulai dari produksi dalam negeri sampai impor.

Baca juga: Kebijakan Penghapusan PPnBM Diluncurkan, Pembelian Mobil Baru di Kalsel Tak Alami Peningkatan

Baca juga: PPnBM diterapkan, Penjualan Mobil Baru di Wira Toyota Banjarbaru Mulai Menggeliat

"Nah yang dibebaskan oleh pemerintah adalah PPnBM yang produksinya di Indonesia. Dalam hal ini untuk Honda adalah CRV, City Hacthback yang merupakan produk baru, Brio, Mobilio dan BRV," rincinya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved